Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya, bagian hidup saya

Goweser, Traveller

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kreativitas Pejabat dan Camat Se-Purwakarta dalam Mengikuti Lomba Puisi

2 Desember 2021   09:33 Diperbarui: 2 Desember 2021   09:36 222 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: dokumentasi pribadi

Selamat Datang Desember

Bulan terakhir sebelum tahun berganti. Bulan dimana anak-anak sibuk ujian akhir, pekerja mempersiapkan laporan akhir tahun maupun merencanakan anggaran untuk tahun depan.

Sebelum memulai kesibukan tersebut sebaiknya kita perlu waktu sejenak untuk menghibur diri ataupun melakukan aktivitas yang tentunya menyenangkan bahkan bisa saja akan menjadi kenangan tidak terlupakan sebelum datangnya tahun yang baru.

Di awal Desember ini ada salah satu acara  yang membuat saya antusias untuk hadir di acara tersebut karena acara seru ini adalah yang pertama diadakan di negeri kita tercinta bahkan bisa jadi pionir yang kelak akan diikuti oleh daerah lain. Dan acara tersebut adalah Lomba Puisi Antar Pejabat yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Pejabat membacakan puisi memang sudah biasa, ketika tanggal 28 Oktober lalu beberapa menteri, pejabat dan pemimpin daerah sempat membacakan puisi sebagai rangkaian hari Sumpah Pemuda yang digagas oleh salah satu media. Bahkan sebetulnya Bupati Purwakarta yaitu Ambu Anne Ratna Mustika termasuk dari pejabat yang terlibat di pembacaan puisi tersebut namun urung karena disaat yang sama Ambu Anne sekaligus Bupati Purwakarta mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan RI. Sehingga Ambu Anne batal membacakan puisi di hari sumpah pemuda tersebut.


Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata, Bapak Dindin Ibrahim Maulana terpilihnya Bupati Purwakarta untuk ikut membacakan puisi di Hari Sumpah Pemuda karena salah satu Penyair Purwakarta yaitu Rudy R. Aliruda dan Komunitas Sanggar Sastranya pernah diliput oleh media tersebut di pertengahan Oktober dan mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat. Puisi yang rencananya dibacakan pada saat Sumpah Pemuda adalah salah satu puisi karya Rudy R. Aliruda yang khusus dibuatkan untuk Ambu Anne. Karena acaranya batal kemudian beberapa penyair Purwakarta bersama Bidang Kebudayaan berinisiatif mengadakan lomba baca puisi untuk umum namun kemudian Ambu Anne memiliki ide bahwa sebaiknya peserta lomba adalah Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Maka pada tanggal 1 Desember 2021 Lomba Puisi Antar Pejabat se-Kabupaten Purwakarta yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Korpri ke-50 tahun resmi diadakan di Bale Yudistira Lingkungan Pemda Kabupaten Purwakarta.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dibatasi waktunya maka kegiatan lomba dibagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan yang hari ini digelar dan babak final yang waktunya akan dilaksanakan sebelum PPKM diberlakukan. Menurut panitia, peserta yang terdaftar sebanyak 44 pejabat namun karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga yang ikut serta dalam babak penyisihan sebanyak 25 pejabat dan hanya bisa membawa maksimal 3 orang supporter dari tiap instansi yang dipimpin oleh pejabat tersebut.

Menurut Ambu Anne, Puisi merupakan bagian dari wadah untuk mengeksplorasi diri kita. Melalui Lomba Baca Puisi antar Pejabat se-Kabupaten Purwakarta, para pejabat bisa mengungkapkan isi hati dan harapan agar Purwakarta menjadi jauh lebih baik lagi.

Foto: dokumentasi @anneratna82
Foto: dokumentasi @anneratna82

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan