Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Menulis adalah dunia saya

Mencintai dunia literasi dan kadang merangkap sebagai Guide

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pukinas Corner, Taman Baca di Pinggir Rumah yang Mengedukasi Masyarakat Sekitar

25 Januari 2020   15:23 Diperbarui: 25 Januari 2020   15:27 46 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pukinas Corner, Taman Baca di Pinggir Rumah yang Mengedukasi Masyarakat Sekitar
foto : dokumentasi pribadi

"Banyak baca buku, dunia di tanganmu"

Kalimat di atas adalah motto dari pojok baca atau taman baca yang saya kunjungi pagi ini. Pojok baca milik salah satu teman baik saya yang juga Kompasianer Purwakarta, @Ina Widyaningsih

Pukinas Corner, itu nama pojok baca atau taman baca yang diresmikan tanggal 13 September 2019. Salah satu mimpi yang akhirnya terwujud dan menjadi bukti nyata dari kecintaan Ina akan dunia literasi.

Pukinas Corner didirikan di pojok depan rumah Ina. Meskipun tempatnya terbuka tapi tempatnya begitu nyaman dan bersih. Selain itu lokasi rumah Ina yang asri dan jauh dari kebisingan kendaraan membuat pojok baca ini menjadi tempat yang cocok buat kita membaca buku. Selain disediakan meja dan kursi, disediakan juga karpet agar anak-anak bisa membaca buku sambil lesehan.

Menurut Ina, dia mendirikan taman baca dengan tujuan untuk menumbuhkan minat, kecintaan dan kegemaran masyarakat sekitar khususnya anak-anak dan para remaja akan membaca buku. Apalagi seiring canggihnya teknologi, anak-anak lebih senang bermain game daripada membaca buku. 

Untuk koleksi buku-buku di Pukinas Corner walaupun belum banyak tapi jenis bukunya lumayan lengkap. Dari mulai bacaan anak-anak, remaja, dewasa, agama hingga ilmu pengetahuan. Koleksi bukunya selain milik Ina pribadi juga sumbangan dari donatur dan buku pinjaman dari Perpustakaan Daerah Purwakarta yang memang membantu meminjamkan koleksi buku-bukunya untuk taman baca yang ada di Purwakarta. Buku-buku pinjaman itu tiga bulan sekali diganti agar para pembaca tidak bosan membaca buku yang itu-itu saja.

Foto : dokumentasi pribadi
Foto : dokumentasi pribadi

Selain tempat untuk membaca buku, anak-anak juga bisa mewarnai dari buku gambar lengkap dengan crayonnya yang tersedia di Pukinas Corner. Karena selain membaca, dengan mewarnai buku gambar diharapkan anak-anak bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya lewat mewarnai gambar. Sungguh kegiatan yang positif untuk anak-anak.

foto : dokumentasi Ina Widyaningsih
foto : dokumentasi Ina Widyaningsih

Di luar itu, Pukinas Corner juga mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk pemberdayaan dan menambah pengetahuan masyarakat sekitar, contohnya seperti bulan lalu mengadakan seminar parenting untuk para orang tua. Jadi anak-anak membaca buku, orang tuanya pun mendapatkan ilmu baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x