Mohon tunggu...
Mira Habibah
Mira Habibah Mohon Tunggu... Staff Tata Usaha Sekolah yang senang nulis....

Pekerjaan saya Staf Tata Usaha SMP. Saya hobby menulis, mencintai dunia literasi kadang merangkap jadi Guide Wisata

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Nyaman Membaca Buku di Perpustakaan Daerah Purwakarta

18 Mei 2019   20:31 Diperbarui: 18 Mei 2019   20:49 0 3 2 Mohon Tunggu...
Nyaman Membaca Buku di Perpustakaan Daerah Purwakarta
Foto : Dokumentasi Pribadi

Membaca adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengetahuan kita terhadap dunia. Dengan membaca kita memperkaya diri kita dengan dengan kosakata dan kekuatan kata-kata. 

Perpustakaan adalah tempat kita membaca berbagai banyak buku. Kita bisa membaca sekaligus meminjam buku secara gratis di perpustakaan. Kegiatan yang besar manfaatnya untuk kita agar bisa mengenal dunia.  

The main Function of public library, school and other libraries is to provide reading facilities for education, recreation, and research ~ Manil Silva

Fungsi perpustakaan adalah sebagai tempat kita untuk belajar, tempat rekreasi juga tempat kita berkreatifitas. 

Perpustakaan ibarat rumah kedua untuk saya yang dari kecil sudah hobby membaca. Ketika sedang berkunjung atau berada di suatu kota saya selalu usahakan untuk berkunjung ke perpustakaan meski hanya baru Bogor, Jakarta, Bandung dan Jatinangor perpustakaan yang pernah saya datangi. 

Dan perpustakaan Purwakarta adalah tempat favorit saya membaca buku, bukan hanya sekedar membaca tapi banyak mendapat pengalaman di tempat ini.

Jaman saya masih sekolah sekitar tahun 2000-an, Perpustakaan Purwakarta terletak di dalam area Situ Buleud Purwakarta. Waktu itu Situ Buleud belum ada air mancur yang hits seperti sekarang,  hanya sebatas area publik untuk mancing ikan, olahraga dan tentunya membaca buku di perpustakaan.

 Jaman saya masih sekolah, perpustakaan ini sudah ramai dikunjungi para pembaca. Bahkan sudah hampir ratusan anggotanya padahal tempatnya tidak terlalu besar. Koleksi bukunya pun terhitung komplit.

Saya banyak menemukan buku karya penulis favorit saya di perpustakaan ini. Perpustakaan Purwakarta juga dulu beberapa kali mengadakan kegiatan yang bersifat literasi. Dari mulai bulan Bahasa, pameran buku hingga lomba menulis essai. Saya pun sempat ikut lombanya dan Alhamdulillah sempat menang jadi juara lombanya. 

Di kantor perpustakaan ini pula saya berkenalan dengan sosok dibelakang layarnya perpustakaan Purwakarta, Rita Utami yang kini menjabat sebagai Kasie Layanan Perpustakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta.

Tahun 2017, area perpustakan Purwakarta dipindahkan sementara ke ruko yang letaknya tak jauh dari lokasi yang lama hal ini dikarenakan area situ buleud Purwakarta akan menjadi lokasi wisata. Meski di ruko dan tempatnya kecil (hanya dikhususkan lantai 1) tapi tidak mengurangi antusias pemustaka untuk membaca di perpustakaan Purwakarta maupun melayani publik ke tempat-tempat terpencil di Purwakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4