Mira Habibah
Mira Habibah Administrasi

Pekerjaan saya Staf Tata Usaha SMP. Saya hobby menulis, mencintai dunia literasi kadang merangkap jadi Guide Wisata

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

10 Destinasi Wisata Purwakarta Favorit Traveller

18 Mei 2019   11:37 Diperbarui: 18 Mei 2019   14:26 120 0 0
10 Destinasi Wisata Purwakarta Favorit Traveller
Foto : Dokumentasi Pribadi

Purwakarta kota saya tercinta kini menjadi kota favorit para wisatawan entah itu para backpacker maupun yang ala koper. Faktor dekatnya Purwakarta dengan ibukota Negara maupun Ibukota Provinsi plus biaya transportasi yang murah (naik kereta KRD dari Jakarta, 12 ribu pulang pergi) menjadi alasan utama para traveler khususnya backpacker berkunjung ke Purwakarta. 

Begitu banyak destinasi wisata pilihan para traveler entah itu wisata alami ataupun wisata buatan, wisata santai ataupun wisata yang memicu adrenalin. Saking banyaknya pun saya sampai kesulitan memilih 10 destinasi favorit para traveler. 

Berikut top 10 destinasi favorit para backpacker. Destinasi ini dipilih berdasarkan permintaan teman-teman traveler yang sering minta anter trip di Purwakarta maupun pilihan para traveler yang saya ambil dari beberapa group backpacker.

1. Taman Air Mancur Sri Baduga

Siapa yang tidak mengenal destinasi ini. Tempat yang beberapa waktu lalu menjadi lokasi launching salah satu merk hp terkenal ini kini menjadi destinasi terfavorit para traveler maupun keluarga. Terletak di pusat kota dan tak jauh dari Stasiun Purwakata. 

Lokasi Air Mancur Sri Baduga dulunya adalah danau buatan tempat badak mandi karena itu di lokasi ini terdapat patung badak. Kemudian lokasi ini dikembangkan menjadi tempat wisata dan juga tempat berolahraga. 

Di lokasi ini terdapat air mancur yang saat ini menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara. Pertunjukkan air mancur ini diadakan setiap malam minggu yang berdurasi 15 menit dengan dua kali pertunjukan. Untuk menonton pertunjukkan air mancur, saat ini penonton tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Hanya untuk menonton air mancur ini diharapkan antri sejam sebelum pertunjukkan di mulai karena antriannya panjang. 

Setiap minggunya kurang lebih 20.000 orang menonton pertunjukkan ini bahkan disaat musim liburan pengunjung yang datang bisa 3x lipat dari biasanya. 

Taman air mancur yang diresmikan tahun 2017 selain menampilkan pertunjukkan air mancur, tak jauh dari lokasi terdapat wisata kuliner makanan khas Purwakarta dan sering ada panggung kesenian juga. Sayangnya pengunjung masih kurang peka dengan kebersihan. 

Begitu banyak sampah yang tercecer di lokasi ini padahal banyak tempat sampah yang disediakan. Begitu juga ketika antrian menonton, sering kali berdesakan karena tak sabar ingin cepat-cepat masuk ke lokasi. 

2. Ferata Badega Parang

Tahun 2015 awal pertama kali saya ke lokasi ini, tempat ini masih sebatas tempat hiking biasa dan menjadi tempat penelitian sejarah Purwakarta bahkan pernah menjadi perkebunan bunga matahari. Namun tahun 2016 atas prakarsa beberapa orang dari Amerika yang melihat potensi gunung parang yang merupakan gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan kedua di Asia, mereka memulai wall climbing disana dan kemudian oleh masyakarat setempat dengan dibantu berbagai pihak dikembangkan menjadi wisata Ferata. 

Ferata adalah menaiki gunung batu dengan tangga besi dan pastinya dilengkapi dengan pengaman. Kini ferata Gunung Parang menjadi destinasi favorit para traveler yang ingin memicu adrenalin mereka.  Selain ferata, para pengunjung bisa melakukan hiking sampai puncak. 

Bisa menginap di villa yang tersedia di Badega Parang, juga terdapat area luas untuk berkemah, bahkan ada aula terbuka untuk acara pernikahan. Lokasinya bersih dan nyaman. Selain itu pengunjung bisa menikmati nasi liwet yang dapat dipesan di warung Badega Parang.

3. Ngaprak River

Salah satu destinasi baru di Purwakarta yang ada sejak akhir tahun 2016. Destinasi wisata ini adalah hasil karya anak-anak muda desa Raharja Wanayasa yang sebelumya tidak bekerja namun bisa melihat potensi wisata daerahnya khususnya sungai di daerah mereka yang kemudian dikembangkan menjadi wisatar River Tubing. 

Di tempat ini para traveler memicu adrenalin mereka di sungai dengan menggunakan ban besar yang tentunya di lengkapi dengan pengaman dan guide yang sudah berpengalaman. 

Dan setiap weekend banyak sekali traveler yang berwisata adrenalin di tempat ini apalagi setelah mereka tubing, kemudian mereka disuguhi oleh nasi liwet buatan masyarakat setempat. Jadi pengunjung tidak hanya sekedar menikmati wisatanya tapi juga turut membantu perekonomian warga desa tersebut.

4. Gunung Bongkok dan Gunung Lembu

Dua gunung ini terletak tak jauh dari Gunung Parang. Kedua gunung ini sering dijadikan tempat favorit untuk traveler yang menyukai hiking. Gunung Bongkok ketinggiannya sekitar 957mdpl sedangkan Gunung Lembu ketinggiannya sekitar 780 mdpl. Jalur menuju puncak kedua gunung ini berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3