Mohon tunggu...
Muh Armin Amin
Muh Armin Amin Mohon Tunggu... Mahasiswa - penulis

Nulis Yuk

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bayar Pajak, Buat Apa?

22 Januari 2022   06:23 Diperbarui: 22 Januari 2022   07:11 90 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sebagai warga negara indonesia, kita diwajibkan untuk membayar pajak mulai dari pajak penghasilan (pph) sampai dengan pajak pertambahan nilai (ppn) yang biasa kita jumpai pada saat membeli semacam barang untuk dikonsumsi. 

Sesuai definisinya pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Karena pajak merupakan suatu pungutan yang bersifat memaksa , banyak masyarakat sebagai wajib pajak menganggapnya sebagai beban karena mereka harus menyisihkan sebagian penghasilan yang dia dapatkan dari bekerja untuk diberikan secara sukarela kepada negara. 

Ini membuat tidak jarang didapati golongan masyarakat di sekitar kita yang dengan terang-terangan menyatakan kontra dengan segala bentuk pajak yang ditagihkan negara. Padahal pajak mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun negara demi kesejahteraan rakyatnya.

Adapun beberapa peran pajak dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1.Kesehatan Terjaga

Puskesmas dan rumah sakit tersebar di seluruh negeri, memberikan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau untuk masyarakat. Berbagai program kesehatan telah dilaksanakan negara untuk menjaga kesehatan kita semua diantaranya 

Program peningkatan kesehatan ibu dan anak, terdiri dari kualitas pelayanan kesehatan, perbaikan gizi, peningkatan akses layanan. Pencegahan dan penanggulangan penyakit, meliputi menyediakan vaksin terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Semua fasilitas tersebuat dapat didapatkan oleh masyarakat berkat adanya pajak yang dibayarkan oleh masyarakat itu sendiri

2. Pendidikan Terjamin

Sejak tahun 2005 pemerintah telah menggratiskan pendidikan negeri sekolah dasar (sd) -- sekolah menengah atas (sma) sederajat. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan setiap warga negara dapat mendapatkan pendidikan yang layak untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas nantinya. Dengan uang pajak, pemerintah membangun gedung-gedung sekolah, membagikan buku teks pelajaran, dan menyediakan sarana belajar lainnya untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

3. Pembangunan Negeri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan