Mohon tunggu...
Miltu Takin
Miltu Takin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Travel & Chill

Pengelana Kehidupan dan Berbagi Kisah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membandingkan Perpustakaan Sekolah di Indonesia Vs Inggris, Australia dan China

19 Oktober 2021   10:53 Diperbarui: 19 Oktober 2021   10:57 178 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: pexels.com

Sebagian masyarakat Indonesia mengenal perpustakaan sebagai salah satu fasilitas di bangku sekolah. Namun, perpustakaan sekolah pun kerap sepi pengunjung. 

Faktornya beragam, dari kurang lengkapnya koleksi buku di perpustakaan sekolah hingga minat baca yang masih kurang di kalangan pelajar.

Untuk menggemakan kembali fungsi perpustakaan sebagai pusat informasi dan pengetahuan di sekolah, dunia merayakan International School Library Day atau Hari Perpustakaan Sekolah Internasional setiap tanggal 18 Oktober.

Hari peringatan ini diharapkan mampu mendorong para pelajar dan orangtua untuk meningkatkan minat baca, sekaligus membangun budaya membaca sejak dini.

International School Library Day awalnya diperingati pada 18 Oktober 1999 dan merupakan hasil inisiatif dari Dr. Blanche Wolls, President International Association of School Librarianship (IASL).

Internasional ini kembali ditegaskan pada tahun 2005, oleh Peter Genco, presiden IASL. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pihak perpustakaan memahami tentang pentingnya sarana pengembangan yang harus ada dalam perpustakaan.

Perpustakaan sekolah di dunia

Sebenarnya penurunan minat pelajar untuk datang dan memanfaatkan perpustakaan sekolah tengah terjadi di hampir semua negara di dunia. Oleh karenanya, banyak sekolah yang menyulap perpustakaan menjadi ruang baca yang nyaman dengan desain yang unik serta kekinian.

Salah satu sekolah di Brisbane, Australia, All Hallows' School memiliki perpustakaan yang bernama Potter Library. Perpustakaan satu ini sengaja dirancang sebagai area bersosialisasi bagi para siswa.

Mereka menghabiskan waktu di sini ketika jam istirahat atau setelah pulang sekolah. Bahkan, pihak sekolah kerap menyelenggarakan nobar film di malam hari, workshop pengembangan diri, serta kegiatan Bookclub.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan