Mohon tunggu...
Millennia Agatha
Millennia Agatha Mohon Tunggu... Mahasiswi Jurusan Ilmu Hubungan Internasional di UPN Veteran Yogyakarta

Seorang mahasiswi aktif jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta. Aktif menulis dan mengikuti berbagai organisasi dan komunitas.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Mengintip Pesona Keindahan di Balik Sumba, Indonesia

15 April 2021   12:56 Diperbarui: 15 April 2021   13:08 48 3 0 Mohon Tunggu...

Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur, terpilih sebagai "Pulau Terindah di Dunia" versi majalah Focus terbitan Jerman. Hal itu diungkapkan Marius Ardu Jelamu, Kepala Dinas Pariwisata NTT di Kupang. "Kami berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada majalah 'Focus' di Jerman yang belum lama ini tela memilih Sumba sebagai "The best beatiful Island in the World--Pulau terindah di dunia," katanya kepada Antara saat dihubungi.Ia mengemukakan, sejumlah alasan majalah internasional dengan oplah penjualan mencapai 5 juta eksemplar yang disebarkan ke berbagai negara di dunia itu memilih Pulau Sumba karena kekayaan alam dan budayanya yang melimpah.

Penasaran dengan penjelasannya? Yuk kita simak bersama :)Negara Indonesia memiliki begitu banyak pulau dan kekayaan alam yang menghadirkan pesona dan keindahan yang begitu memikat hati kita, satu diantaranya Pulau Sumba yang merupakan salah satu pulau yang keindahannya tidak diragukan lagi. Mengapa demikian?

Sumba merupakan sebuah pulau di Indonesia yang memiliki keanekaragaman kekayaan alam maupun budaya. Selain itu, terdapat pula keindahan padang sabana yang luas yang jarang ditemukan di dunia. Sumba terkenal pula dengan alam laut dan pantai yang sangat eksotis.Eits, lalu dimana sih sebenarnya letak Pulau Sumba itu?Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km, dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor.

Pulau Sumba memiliki berbagai destinasi wisata yang cukup menarik dan unik bagi para wisatawan local maupun mancanegara. Lalu, destinasi wisata mana saja yang wajib untuk kita kunjungi? Hmm...

1. Kampung Rende

2. Bukit Wairinding 

3. Pantai Walakiri 

4. Air Terjun Lapopu  

5. Danau Weekuri 

Oiya, buat kalian yang masih bingung gimana caranya mau travel ke Pulau Sumba ini tanpa harus merogoh uang banyak.... tenang, yuk langsung aja cek paket perjalanannya dengan Amabel Travel melalui  http://www.amabeltravel.com, dijamin liburan kalian akan menjadi lebih asyik dan menyenangkan! Selamat berlibur bersama keluarga yaa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x