Mohon tunggu...
milarosyidauswatunnisa
milarosyidauswatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNS ANgkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Era Covid-19 Desa Belangwetan

6 Juli 2020   09:24 Diperbarui: 6 Juli 2020   09:16 24 2 0 Mohon Tunggu...

Universitas Sebelas Maret (UNS) berencana akan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Juli hingga Agustus 2020. Adanya pandemi COVID-19 tidak memungkinkan untuk meneruskan rencana KKN tersebut sehingga kegiatan KKN harus ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan. Namun, beberapa kali setelah para petinggi UNS melakukan musyawarah mengenai kelanjutan kegiatan KKN, akhirnya menghasilkan keputusan bahwa akan mengadakan KKN era COVID-19 mengganti rencana KKN bulan Juli- Agustus. Salah satu kegiatan KKN era COVID-19 dilakukan di desa Belangwetan. 

Desa Belangwetan berada di Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Sebagai unit terdekat dengan masyarakat, pemerintahan desa Belangwetan melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penyebaran COVID-19 dan pencegahan di desa Belangwetan. Adapun upaya yang dilakukan adalah penyuluhan mengenai COVID-19, pemberian pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan. 

Menurut mahasiswa UNS Fakultas MIPA program studi Informatika yang melakukan KKN di desa Belangwetan Mila Rosyida Uswatunnisa yang dibimbing oleh bapak Dr.Ir. Jaka Suyana, MSi sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menjelaskan bahwa upaya penekanan penyebaran dan pencegahan belum terlaksana dengan maksimal terbukti dengan adanya masyarakat desa Belangwetan yang keluar rumah tanpa menggunakan masker, sehingga akan lebih baik apabila semua warga masyarakat desa Belangwetan segera menyadari dan berpartisipasi untuk menyukseskan upaya pemerintah dalam menekan angka penyebaran dan pencegahan COVID-19 demi kepentingan bersama. 

Beberapa kegiatan KKN dilaksanakan di desa Belangwetan antara lain pemberian pemahaman kepada masyarakat demi menekan angka penyebaran COVID-19 , pemberian fasilitas kesehatan, pembagian minuman herbal, dan pemberian produk herbal kering. Kegiatan- kegiatan tersebut bertujuan untuk upaya pencegahan COVID-19 dari diri sendiri dan membantu menyukseskan upaya pemerintah desa Belangwetan dalam menekan angka penyebaran COVID-19. 

dokpri
dokpri
Kegiatan KKN di desa Belangwetan dilaksanakan selama 32 hari mulai tanggal 15 Mei 2020 hingga 19 Juni 2020. Semua kegiatan KKN terlaksana dengan baik dan mendapat respon yang positif dari pemerintah desa dan masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh bapak kepala desa Belangwetan bapak Drs. H. Hartono bahwa desa Belangwetan sangat terbuka dan menerima mahasiswa yang akan ingin melaksanakan di desa Belangwetan karena akan memberikan sesuatu bisa berupa pikiran atau pembaruan bagi desa Belangwetan.

"Desa Belangwetan sangat senang sekali dengan adanya mahasiswa UNS yang melaksanakan KKN , karena dengan kegiatan KKN ini kami mendapatkan beberapa pandangan, pikiran dan pembaruan yang bermanfaat. Apalagi dalam masa COVID- 19 seperti ini, pemberian pemahaman kepada masyarakat akan lebih efektif apabila dilakukan dengan pendekatan yang lebih modern, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa UNS yaitu razia masker, pemahaman menggunakan poster," kata pak Hartono saat diwawancari oleh Mila Rosyida Uswatunnisa, Jumat (17/06/2020).

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x