Mohon tunggu...
Mila Santika
Mila Santika Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Urgensi Komunikasi dalam Organisasi

24 Juli 2018   21:47 Diperbarui: 25 Juli 2018   05:44 1562
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, yang artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Menjalin hubungan komunikasi yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam suatu organisasi, tanpa adanya komunikasi yang baik dalam organisasi maka seluruh proses dalam organisasi tidak dapat berjalan secara maksimal dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Efektivitas suatu organisasi terletak pada efektivitas komunikasi, karena komunikasi itu penting supaya dapat menghasilkan pemahaman yang sama antara pengirim informasi dengan penerima informasi dalam organisasi. Kelancaran seluruh kegiatan organisasi akan dapat terganggu apabila terdapat suatu masalah yang menyangkut dengan komunikasi, dan apabila terjadi masalah dalam komunikasi maka dikhawatirkan akan memberikan dampak yang buruk bagi organisasi tersebut.

Menurut Rogers dan D. Lawrence Kincaid komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. Komunikasi yang efektif dalam organisasi dapat memberikan manfaat atau keuntungan bagi organisasi ataupun pihak lain yang terkait.

Manfaat membangun komunikasi yang efektif

Strong Relationship

Komunikasi yang baik dapat menciptakan hubungan yang kuat dalan organisasi. Kesetiaan dan kepercayaan merupakan faktor kunci dalam suatu hubungan. Kedua faktor tersebut didorong oleh komunikasi yang dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan individu, untuk menyampaikan informasi penting serta untuk mendapatkan feedback atau umpan balik yang positif.

Clear Expectation

Komunikasi yang efektif dapat membantu dalam menentukan harapan yang jelas bagi pengikut dalam organisasi atau pelanggan. Pengikut atau karyawan merupakan pendengar utama dalam organisasi. Bagi mereka harapan yang jelas akan menunjukan bagaimana kinerjanya akan memberikan dampak pada organisasi dan memberikan informasi mengenai apa yang harus dilakukan supaya dapat menghasilkan feedback atau umpan balik yang positif. Bagi pelanggan, komunikasi yang baik dapat membantu mengelola mengenai ekspektasi yang mereka miliki terhadap layanan atau produk yang akan dihasilkan oleh organisasi.

Ideas and Innovation

Komunikasi yang baik dan terbuka dapat menghasilkan ide dan inovasi di beberapa bidang. Karyawan yang kreatif dan mengetahui apa yang penting bagi perusahaan, akan berfokus dalam melakukan perbaikan dan melihat peluang untuk terus berinovasi supaya dapat bertahan dalam persaingan dan dapat mensukseskan organisasi. Pelanggan juga dapat dijadikan sebagai sumber ide untuk dapat membantu dalam memperbaiki produk atau layanan yang dihasilkan oleh organisasi.

Strong Teamwork

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun