Wisata

Kuliner yang Wajib Coba di Samarinda! Dari Nasi Kuning hingga Keripik

7 Desember 2017   10:22 Diperbarui: 8 Desember 2017   07:50 265 0 0
Kuliner yang Wajib Coba di Samarinda! Dari Nasi Kuning hingga Keripik
Nasi Kuning Ikan Haruan (www.instargam.com/elabundaela)

Samarinda sebagai ibukota provinsi Kalimatan Timur memiliki keunikan tersendiri, yaitu beragamnya suku dan etnis pendatang. Dominasi salah satu suku dan bahasa tidak begitu kentara sehingga secara umum masyarakatnya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Keberagaman tersebut juga berdampak pada kuliner kota Samarinda. Baik masakan khas Samarinda sendiri maupun hidangan khas daerah lain yang diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Berikut beberapa kuliner yang menjadi favorit urang Samarinda.

1.Nasi Kuning Ikan Haruan

instagram.com/ridwanibl
instagram.com/ridwanibl

Nasi kuning? Anda pasti bertanya-tanya, bukankah ini hidangan yang umum di Indonesia? Apa bedanya dengan nasi kuning di daerah lain? Anda harus mencobanya sendiri karena nasi kuning di Samarinda lebih gurih dan menggunakan ikan Haruan bumbu Bali. Ada juga lauk pendamping lain seperti telur, ayam, dan daging yang ketiganya berbumbu Bali.

Bukti nasi kuning menjadi salah satu makanan favorit di Samarinda adalah adanya Kampoeng Nasi Kuning di Jalan Lambung Mangkurat. Penjual nasi kuning berjualan pagi, siang dan malam di tempat ini.

2.     Soto Banjar

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Namanya sudah menjelaskan jika makanan ini berasal dari Kalimantan Selatan. Walau begitu, Soto Banjar menjadi kuliner favorit di Samarinda. Sebagian orang bahkan berpendapat racikan bumbunya tidak kalah sedap dari daerah asalnya. Kekhasan bumbu, irisan telur bebek, dan potongan perkedel dipadu dengan lontong atau nasi hangat membuat Anda tegiur untuk segera menghabiskannya. Tempat yang menjadi rekomendasi saya adalah Soto Banjar Agogo dan Soto Banjar Amado.

3.    Ayam Goreng Banjar

instagram.com/vivigendis7
instagram.com/vivigendis7

Tempat makan legendaris ini menjadikan ayam gorengnya sebagai menu utama. Ayam digoreng kering dengan bumbu racikan khusus yang menimbulkan rasa gurih. Pendamping wajib saat menyantap hidangan ini adalah rasa pedas manis dari sambal goreng hati.

4.     Bubur Ayam Samarinda

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Bubur ayam khas Samarinda menggunakan kuah kaldu ayam dan diberi potongan tomat segar. Rasa kuahnya tidak begitu pekat sehingga kuah dapat diminum layaknya sup. Bubur ini cocok disantap sebagai sarapan ataupun disaat hujan.

5.     Keripik Singkong "Sulis"

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Sebagian besar orang membeli amplang sebagai buah tangan, namun sebagian kecil orang kurang cocok dengan rasanya. Keripik ini dapat menjadi alternatif lain. Bentuknya tidak seperti keripik singkong umumnya, keripik yang satu ini berbentuk balok layaknya french fries. Anda harus berhati-hati karena bumbu pedas-manisnya membuat mulut tidak berhenti mengunyah.

6.     Bolu Kutai dan Ilat Sapi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Bolu Kutai adalah bolu yang dibuat dengan campuran telur, tepung terigu, dan mentega. Bahan yang sederhana namun menghasilkan bolu yang harum dan lembut.
Kue Ilat Sapi atau Lidah Sapi, dari namanya jangan beranggapan kue ini berasal dari lidah sapi. Bentuk dan warnanya dianggap menyerupai lidah sapi sehingga diberi nama seperti itu. Seperti kebanyakan kue tradisional, kue ini menggunakan gula merah sebagai salah satu bahannya.


Rasa gurih dan pedas-manis mendominasi keenam hidangan, namun itu hanyalah segelintir dari banyaknya kuliner khas Samarinda. Silakan berkunjung dan cicipi sendiri kelezatan yang ditawarkan Samarinda.