Mohon tunggu...
Michael Dwi Putra
Michael Dwi Putra Mohon Tunggu... POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Pengembangan Kebutuhan E-Learning dalam Pandemi

26 April 2021   20:16 Diperbarui: 27 April 2021   07:14 281 1 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan dunia digitalisasi di Indonesia semakin bertumbuh dari tahun ke tahun. Sekarang untuk menjalankan aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia mulai aktif pada dunia maya dikarenakan Pandemi Covid-19 yang berlangsung. Perkembangan teknologi dan informasi sangat mendukung adanya berbagai aktifitas baru dalam ruang lingkup masyarakat. 

Dilansir dari tulisan Ali sadikin dimana sebagian sebesar 75% semua aktifitas sekarang ini menggunakan teknologi, matematika, sains, internet, dan pembelajaran yang humanis. Keadaan ini membuat kita sebagai masyarakat Indonesia harus mampu berdaptasi, kreatif, berkomunikasi, dan invoasi menggunakan media internet dalam proses belajar mengajar di masa pandemi ini. Internet sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemic ini dan turut serta membantu memutuskan wabah Covid 19 ini.

Dilansir dari tulisan Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS 2018 revolusi industri memudahkan siswanya dalam belajar tidak hanya di kelas saja akan tetapi siswa dapat mendapatkan pembelajaran dari yaitu dari Youtube, ebook, perpustakaan online, dan proses pembelajaran jarak jauh. Di masa pandemi ini seluruh lembaga pembelajaran memanfaatkan pembelajaran jarak jauh secara teknis nya pengajar mengupload atau menjelaskan materi yang diberikan kepada siswanya tanpa masuk kelas dan ketika ingin memberikan tugas siswa bisa menyerahkan nya dengan mengupload tugas kepada pengajar. 

Menurut Zaki Mubarak metode pembelajaran di Indonesia saat ini menerapkan tiga cara yang pertama tatap muka (face to face), lalu secara online, dan yang terakhir blended learning yang artinya campuran dari keduanya. Menurut Wasis D Dwiyogo (2018) blended learning adalah pelajaran kombinasi antara tatap muka yang berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online) menghasilkan para pelajar dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara langsung secara online menggunakan koneksi internet dan Laptop atau smartphone sebagai media tatap muka untuk melaksanakan pembelajaran.

Dilansir Helena Anggraeni pentingnya blended learning ini merupakan sinyal kuat akan berubahnya sistem pembelajaran dan strategi pendidikan secara umum. Paradigma revolusi industri menurut adanya revolusi mendasar bahkan komprehensif sistem pembelajaran dan pelaksanaan pendidikan secara umum sehinggal pendidikan utama di era revolusi digital ini yaitu Internet dan konten (Yuli Anisyah 2018). Oleh karena itu merubah sumber daya pendidikan dalam bentuk digital yang berbasis internet adalah sebuah langkah yang efektif untuk pembelajaran kampus dan langkah yang strategis untuk urang waktu yang tidak terbatas.

Pentingnya kelancaran Pembelajaran Jarak Jauh ini pun sangat berpengaruh terhadap pengajar pastinya perlu pelatihan agar mendapatkan hasil yang maksimal baik dari pengajar maupun siswa nya. Dilansir dari Journal of Empowerment Community pelatihan untuk tenaga pengajar mengkolaborasikan pemberian materi dengan praktek. Hal ini diadakan nya pelatihan dikarenakan memberikan kompetensi kepada pengajar yang lebih singkat yaitu dengan metode diskusi dan praktek. Metode ini pun di adakan di sekolah dasar Tasikmalaya yang akan menghasilkan tukar pikiran antar peserta agar menghasilkan ide ide untuk mengatasi permasalahan.

Tidak hanya pelatihan saja pembelajaran butuh sebuah aplikasi sistem pendidikan agar bisa mendukung performa belajar mengajar ini agar efektif dan mudah. Dilansir oleh Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS 2018 aplikasi sistem magang berbasis web ini dikembangkan agar memudahkan Dosen dan Mahasiswa yang berisi khusus kegunaannya baik dosen dan mahasiswa dan bisa digunakan berbagi informasi lainnya sesuai kebutuhannya.

Pendidikan zaman sekarang sangat mudah di dapatkan ketika kita memiliki media nya berupa internet, smartphone, laptop dan lainnya menjadikan sebuah terobosan baru yang berharga dalam menghadapi permasalahan pembelajaran di masa pandemi ini tanpa mengurangi moral, pendidikan karakter, dan diskusi. Penggunakan Pembelajaran Jarak Jauh atau E Learning ini harus kita pahami dan kita kembangkan dengan positif dan harus mampu beradaptasi dengan cepat karena lebih fleksibel dan luas. Namun terkadang permaslahan yang di dapatkan yaitu terkendala dalam jaringan Internet yang kurang merata dalam berbagai tempat. Tentu saja ini menjadikan sebuat tantangan bagi pemerintah untuk mengoptimalkan proses pembelajaran jarak jauh ini.

VIDEO PILIHAN