Mohon tunggu...
Michael OwenPardede
Michael OwenPardede Mohon Tunggu... Pelaut - KKN TEMATIK UPI GELOMBANG 2

Mahasiswa UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021 Gelombang Ke-2: Yuk Tingkatkan Literasi Baca Tulis

26 September 2021   21:44 Diperbarui: 26 September 2021   21:47 18 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021 Gelombang Ke-2: Yuk Tingkatkan Literasi Baca Tulis
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Literasi baca tulis merupakan suatu rumpun pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis dan mencari segala informasi. Hal tersebut bermanfaat untuk mengolah dan memahami informasi  untuk menganalisis menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, serta mengembangkan potensi dan pemahaman serta berpartisipasi dalam lingkungan sosial.

Pada zaman dahulu literasi baca tulis sudah diterapkan, sebab membaca dan menulis merupakan suatu ilmu dasar untuk melanjutkan ke ilmu lainnya. Jika sudah bisa membaca dan menulis, ilmu lain dapat dipelajari dengan mudah. Dengan kemampuan literasi baca tulis yang memadai dan mimpuni, kita sebagai individu, masyarakat, dan bangsa tidak akan mudah terpecah oleh berbagai informasi yang beraneka ragam yang datang secara terus menerus kepada kita.

Pengetahuan dan kecakapan siswa dalam membaca, menulis dan memahami informasi yang didapat dari lingkungan sosial disebut dengan literasi baca tulis. Perlu diketahui bahwa literasi baca tulis dapat dibangun dengan menanamkan budaya literasi yang menyenangkan siswa dan bermakna disetiap hal yang dilakukan. Terkait hal ini yang dilakukan oleh pemateri adalah memberikan semangat baru kepada siswa.

Dengan begitu mari kita edukasi siswa akan pentingnya literasi guna meningkatkan minat serta kreatifitas diri dalam mengeksplore sega jenis aspek kehidupan di lingkungan sosial, budaya dan lainnya. Salam literasi...

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan