Mohon tunggu...
Mia Rosalina
Mia Rosalina Mohon Tunggu... https://www.linnamia.com/

blogger

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

5 Kue Tradisional Indonesia yang Dibungkus dengan Daun Pisang

23 November 2020   21:40 Diperbarui: 23 November 2020   21:58 613 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Kue Tradisional Indonesia yang Dibungkus dengan Daun Pisang
lemper, kue tradisional, jajan pasar

Indonesia yang terkenal dengan budaya yang sangat beragam, mulai dari tempat wisata, kuliner, kain, bahasa dan masih banyak lagi. Aneka budaya tersebutlah yang menjadi ikon di Indonesia.

Ngomong-ngomong tentang kuliner yang ada di Indonesia dari pulau Sabang sampai Merauke semua memiliki ciri khasnya masing-masing. Kuliner yang memiliki cita rasa sangat memanjakan lidah, semua orang pasti akan menyukainya. Apalagi makanan tradisional Indonesia yang bervariatif yang tidak bisa disebutkan semuanya. Terutama jajanan tradisional yang di bungkus dengan daun pisang.

Daun pisang merupakan alat pembungkus makanan yang masih tradisional sebelum adanya plastik. Daun pisang sangat mudah di temukan di Indonesia, daunnya yang lebar dan tidak mudah sobek menjadi alternatif sebagai wadah makanan. Selain itu bentuknya yang rapi dan bisa memberikan aroma wangi yang khas menjadikan ciri khas dari makanan tersebut.

Berikut adalah 5 kue tradisional Indonesia yang dibungkus menggunakan daun pisang. Jika daun pisang digantikan dengan pembungkus lain, seperti wadah aluminium atau plastik, rasanya bakal berbeda. 5 kue tradisional ini merupakan contoh kecil yang mana masih banyak lagi kue-kue lainnya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Lemper


Lemper, kue tradisional yang memiliki rasa asin dan gurih. Terbuat dari beras ketan, santan, dan suwiran ayam yang membuat ciri khas lemper ini. 

Beras ketan yang dikepal dan diberi suwiran ayam lalu di bungkus daun pisang. Biasanya ada dua macam lemper berdasarkan cara pengolahnnya yaitu di bakar dan di kukus.

2. Lemet

lemet, mochi
lemet, mochi

Lemet ini bisa dibilang teksturnya mirip mochi, bagaimana tidak bahan dasarnya sama-sama dari tepung beras ketan. Bedanya lemet ini di isi dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x