Mohon tunggu...
Mia Wulandari
Mia Wulandari Mohon Tunggu...

Providentia Dei. Ibu dari 2 remaja. Insta : @wulan.miari

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dari FM Business School Hingga Indonesia Siaga I

21 Januari 2016   12:34 Diperbarui: 21 Januari 2016   12:34 44 0 0 Mohon Tunggu...

FM (Frederico Mahora) Group adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Polandia yang didirikan oleh Artur Trawinski tahun 2004. Berkembang di negara Eropa, Afrika, Amerika dan Asia Pasific termasuk Arab dan Indonesia. Tersebar lebih dari 50 negara dengan perkembangan yang pesat, menunjukkan FM Group dapat bersaing dengan perusahaan lain. Produk utamanya adalah parfum berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. FM Group Indonesia berdiri tahun 2009 merupakan bagian dari FM Group World. Selain di Jakarta, FM Group Indonesia sudah ada beberapa cabang seperti di Yogyakarta, Manado dan Jayapura.

Sistem MLM

Perusahaan FM Group menjalankan sistem MLM (Multi Level marketing) dengan produk parfum FM telah banyak diminati. Tersedia ratusan aroma yang ditawarkan dengan kadar wewangian 16%-30%.

Seperti layaknya bisnis MLM lainnya, FM juga demikian, dimana ada tingkatan level yang bisa dicapai oleh anggotanya yaitu level 3%, 6%, 9%, !5% dan seterusnya. Dan untuk mengembangkan jaringan perlu merekrut orang untuk dijadikan downline. Yang merekrut menjadi upline. Kedua istilah itu tentu tak asing di telinga masyarakat. Siapa yang tidak mengenal tentang bisnis MLM? Banyak orang berpandangan sinis, tapi toh bisnis dengan sistem ini terus berjalan hingga sekarang. Pada saat seseorang yang telah join dan menjadi member, mendapatkan berbagai keuntungan bonus. Keuntungan lain di FM, member yang bisa menembus minimal level 6% dapat mengikuti Business School tanpa dipungut biaya.

FM Business School

FM Business School (Biskul) di Jakarta sudah dilaksanakan sebanyak 4 angkatan. Diadakan 12x pertemuan seminggu sekali. Business School batch 4 dimulai hari Sabtu tanggal 3 Oktober 2015 jam 10.00 WIB. Kali pertama memasuki ruang kelas di kantor yang bertempat di Gedung Wisma Aldiron Lantai 1 Pancoran Jakarta, belum banyak yang saling kenal. Hal ini disebabkan para peserta yang telah mencapai minimal level 6% terdiri dari member yang berbeda upline dan line-nya. Kelas tersebut diisi materi seputar manajemen marketing juga hal-hal berkaitan dengan bisnis. Materi disampaikan oleh Bapak Hendrik Pelafu selaku Managing Director FM Group Indonesia. Business School batch 4 dimana saya mengikutinya, semula terdaftar empat puluhan peserta, namun hingga terakhir yang turut dalam wisuda hanya tiga puluh peserta saja. Peserta diwisuda pada acara Winner Celebration.

Winner Celebration

Winner Celebration adalah sebuah acara yang diselenggarakan tiap 6 bulan sekali oleh FM Group Indonesia dimana saat itu diberikan penghargaan kepada member (mitra bisnis) yang mendapatkan kenaikan level. Di acara itu pulalah Graduation Night FM Business School. Pada tahun sebelumnya, Artur Trawinski selalu hadir saat acara Winner Celebration diadakan beserta tamu dari negara-negara lain. Namun, kali ini Winner Celebration yang telah diadakan Sabtu 16 Januari 2016 di Balai Kartini, tidak dihadiri oleh Artur Trawinski atau tamu undangan dari luar negeri yang lain. Indonesia diberitakan Siaga I akibat teror bom yang terjadi sebelumnya pada hari Kamis. Hal itulah yang menjadi alasan bagi para tamu dari luar negri mengurungkan niatnya menuju Jakarta. Berita ketidakhadiran Artur Trawinski tidak menyurutkan langkah manajemen untuk terus melangkah.

Sementara pada acara tersebut peserta Biskul wajib menampilkan sebuah pertunjukan hasil kreatifitasnya. Dengan melalui diskusi panjang saat masih training, akhirnya Biskul batch 4 dapat menampilkan kebolehannya, pertunjukannya dinamakan FM Cabaret. Yang dikoordinir oleh Eka Sendhy Pradita. FM Cabaret menceritakan perkembangan FM mulai dari Eropa, Afrika, Arab dan Indonesia, ditunjukkan dengan cuplikan tarian yang mewakili negara/daerah tersebut. Tarian dari Indonesia ditampilkan dari daerah Padang (Tari Piring), Betawi (Tari Sirih Kuning) dan Bali.

Peserta Biskul batch 4 boleh saja berasal dari line yang berbeda, upline yang bisa jadi berbeda. Kemudian disatukan dalam sebuah kelas training menjadi teman. Bukan persaingan yang terjadi tetapi lebih dari itu, menjadi persahabatan yang saling mendukung bahkan kami berbagi informasi dan pengetahuan yang berguna untuk perkembangan bisnisnya masing-masing team. 

Salam Wangi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
21 Januari 2016