Mohon tunggu...
Rahmah Chemist
Rahmah Chemist Mohon Tunggu... Blogger - Product Photographer

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tips Tetap Sehat dan Tubuh Fit Selama Ramadan

23 April 2021   21:38 Diperbarui: 23 April 2021   22:10 180 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Tetap Sehat dan Tubuh Fit Selama Ramadan
tips-tetap-sehat-dan-tubuh-fit-selama-ramadan-6082dc298ede4803fe7744c2.jpg

Alhamdulillah hari ini sudah buka puasa hari ke-11. Namun, bukan berarti menikmati makanan sampai bablas. Akhirnya, ibadah jadi makin malas. 

Jangan! 

Jangan sampai seperti itu.

Puasa Ramadan itu memang selalu identik dengan berbagai makanan yang menggoda selera. Mulai dari camilan, minuman hingga makanan berat yang terkadang mengganggu konsentrasi saat puasa. Saya juga menyadari hal demikian sejak kecil. Keluarga besar saya pasti akan sibuk memikirkan akan buka puasa seperti apa sehingga seharian terkadang disibukkan dengan memasak di dapur. 

Padahal, puasa Ramadan punya makna sebagai jalan kita untuk bisa menjaga hawa nafsu dengan makanan dan minuman. Sebab, kita diminta untuk melatih diri merasakan susahnya saudara kita yang tidak bisa makan. Ya, hikmah seperti ini yang saya peroleh sejak kecil lewat bapak. 

Memang keluarga besar mama dan bapak sedikit bertolak-belakang dalam hal ibadah, khususnya puasa sehingga saya bisa melihat perbedaan ini sudah lama. Dan sekarang jadi tantangan tersendiri untuk mengajarkan makna dan hikmah puasa yang sesungguhnya ke anak sendiri. 

Puasa Lemas, No!

Memang yang namanya puasa itu tidak makan dan tidak minum. Namun, pasti bisa dilalui kalau pemahaman mengenai puasa masuk ke hati dan pikiran dengan cara yang baik. 

Lemas akan terjadi ketika yang menjadikan kita menjalankan puasa hanya tujuan dunia. Saya sudah pernah uji coba. Ketika menjalankan puasa hanya sekadar ingin dianggap rajin oleh teman, lemas yang amat sangat itu terasa banget. Beda dengan menjalankan puasa karena memang menyadari arti penting dan bentuk takwa kepada sang pencipta. 

Namun, niat kita 'kan bisa diperbaharui selama menjalankan puasa. Kok masih lemas ya? Hmm, coba cek deh asupan nutrisi yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Sudah sesuaikah? Atau hanya sekadar karena berharap "kenyang"? 

Nah, kalau saya sendiri sih punya tips makan sehat sehingga puasa tetap lancar. Namun, tips ini bisa saja bekerja baik bisa juga sebaliknya. Tergantung kondisi fisik masing-masing. 

Lakukan Ini agar Tetap Sehat selama Puasa!

1. Ayo Minum Air! 

Nah, ini penting untuk menghindari dehidrasi karena ketika dehidrasi, otomatis lemas akan terasa. Mengapa? Karena penyusun tubuh kita adalah air yang jumlahnya lebih besar. Maka ketika jumlahnya kurang pasti akan terasa perbedaannya. Dan tubuh saya biasanya lebih cepat kenyang ketika sudah tercukupi dengan air minum. Saat sahur dan buka puasa serta waktu setelah tarawih menuju sahur, itu waktu yang cocok juga untuk memastikan kita minum. 

2. Hindari Makanan Pedas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN