Mohon tunggu...
M Hadi Saputra
M Hadi Saputra Mohon Tunggu... Ilmuwan - Peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli

Alumni Mahasiswa Linkage program Magister ITB dan Hiroshima University Alumni Mahasisiwa Kehutanan UGM Tertarik dengan IPTEK Kehutanan dan Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

3 Hal Penting dalam Menyikapi Perubahan

18 Desember 2021   15:35 Diperbarui: 20 Desember 2021   20:11 537 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi perubahan dalam karir | Sumber: Shutterstock

Perubahan adalah kepastian, namun apakah ia adalah hal baik atau buruk berbeda untuk setiap orang. Banyak orang yang merasa hal baru sebagai suatu tantangan dan lainnya sebagai ancaman. 

Hal baru di lingkungan kerja misalnya. Bagi seseorang dengan kemampuan adaptasi dan keingintahuan tinggi, hal ini dapat menjadi suatu kesempatan untuk berkarir lebih baik. 

Namun, tidak halnya dengan pekerja yang cenderung merasa nyaman dengan kondisi apa adanya. 

Perubahan baru menjadi suatu ancaman akan kondisi nyaman dan kemungkinan adanya perubahan yang berdampak buruk bagi kinerjanya selama ini. 

Mencoba hal baru merupakan suatu nilai penting untuk berkembang. Banyak hal baru yang memberikan nilai lebih bagi pengembangan diri, seperti keterbukaan akan informasi yang lebih beragam, sudut pandang yang berbeda dari sebelumnya, peluang memperoleh karir yang berbeda dari kondisi selama ini dan peluang bertemu dengan tujuan atau targetan baru. 

Hal baru tidak selalu buruk, kadang ia hanyalah hal yang sama dengan suasana yang berbeda. Maka perlu kelapangan dan keterbukaan hati serta pikiran untuk dapat menerima perubahan secara positif.

Pertanyaan yang muncul dengan adanya hal baru adalah, bagaimana menyikapinya secara positif? 

Berikut tips untuk menjadikan hal baru secara positif bermanfaat bagi kita di dunia kerja.

Liat dari sudut pandang baru

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah melihat dari sisi yang berbeda. Hal ini berfungsi untuk membuka wawasan dan melihat peluang ataupun kesempatan yang muncul pada hal baru tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan