Mohon tunggu...
Moh Faridmulyadi
Moh Faridmulyadi Mohon Tunggu... mahasiswa yang ingin belajar hal baru

yes I am

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Teknologi Virtual Reality, Simulator Transportasi Pesawat dan Kapal

10 Oktober 2019   02:00 Diperbarui: 10 Oktober 2019   02:21 0 0 0 Mohon Tunggu...

hallo, apakabar reader..? di artikel pertama ini saya akan membahas tentang penggunaan teknologi virtual reality pada simulasi transportasi, yang efeknya sangat signifikan dalam perkembangan teknologi transportasi. mengapa simulasi virtual reality atau vr sangat penting karna keamanan dan keselamatan yang tinggi,dan biaya simulasi yang murah. utamanya pada transportasi yang rentan akan kecelakaan yaitu pesawat dan kapal. berikut penggunaanya.

1. PENGGUNAAN DALAM SIMULASI PESAWAT TERBANG

penggunaan teknologi virtual reality pada simulasi pesawat terbang sangatlah membantu dalam dunia penerbangan. karna dalam hal ini para pilot dalam pelatihanya hanya menggunakan perangkat elektronik berupa konsol ruang kendali pada pesawat terbang dengan layar besar,sebagai tampilan keadaan nyata. karna memang dalam penggunaan virtual reality  kita akan dihadirkan pada keadaan nyata pada saat simulasi berlangsung. 

Penggunaan teknologi virtual reality juga memiliki keunggulan,utamanya dalam aspek keamanan dan keselamatan pelatihan penerbangan pada pilot, dan aspek keefektifan pembelajaran penerbangan karna keadaan yang ditampilkan sama persis sperti keadaan aslinya. penggunaan virtual reality pada  simulasi penerbangan juga menghemat pengeluaran perusahaan penerbangan, mengingat mahalnya bahan bakar pesawat(aftur).

2. PENGGUNAAN DALAM SIMULASI KAPAL

penggunaan simulasi virtual reality dalam navigasi dan pengoperasian kapal sangatlah membantu dalam pelatihan pelayaran bagi para pelaut mengingat kapal adalah alat transportasi yang memiliki tingkat kecelakaan paling tinggi. dengan penggunaan teknology virtual reality para pelaut yang sedang belajar pengoperasian pelayaran kapal,dapat mengetahui tampilan dan apa apa saja prosedur yang dilakukan saat terjadi suatu hal yang tidak di inginkan dalam pelayaran di lautan luas.(ti 19 palu)