Kudus, 4 Oktober 2025 --- Meutya Kanaya seorang mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Semarang (UNNES), memperkenalkan inovasi media pembelajaran digital berupa E-LKPD (Electronic Lembar Kerja Peserta Didik) dengan tema “Mengenal Bagian Tumbuhan dan Fungsinya.” Tujuan kegiatan ini adalah menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di sekolah dasar bisa dikemas dengan cara yang seru, interaktif dan dekat dengan dunia anak.
Kegiatan dimulai dengan penjelasan singkat mengenai bagian-bagian tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga dan buah. Meutya kemudian menampilkan E-LKPD interaktif di layar, di mana pada E-LKPD tersebut akan menampilkan gambar sekaligus fungsi dari masing-masing bagian tumbuhan secara menarik. Siswa terlihat antusias mengikuti arahan, menjawab kuis dan berdiskusi tentang fungsi tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.
Lebih dari sekadar mengenalkan bagian tumbuhan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecintaan terhadap alam. Anak-anak diajak mengaitkan pelajaran IPA dengan lingkungan sekitar mereka. Inovasi E-LKPD ini diharapkan membantu guru menghadirkan pembelajaran yang lebih aktif, efisien, dan menyenangkan, tanpa menghilangkan nilai-nilai kontekstual penting dalam pendidikan dasar.
Para guru menyambut kegiatan ini dengan antusias dan mengapresiasi kreativitas mahasiswa UNNES dalam mengembangkan media pembelajaran modern. Mereka menilai bahwa penggunaan E-LKPD membuat siswa lebih fokus dan mudah memahami konsep. Siswa pun terlihat senang saat melihat gambar interaktif yang bergerak di layar, bahkan beberapa aktif menjawab pertanyaan dan berbagi pengalaman tentang tumbuhan di sekitar rumah mereka.
Melalui kegiatan ini, Meutya Kanaya berharap E-LKPD dapat menjadi solusi pembelajaran inovatif yang mendukung transformasi pendidikan di era digital. Dengan cara belajar yang menarik dan kontekstual, siswa tidak hanya memahami ilmu pengetahuan, tetapi juga belajar mencintai lingkungan dan menghargai ciptaan Tuhan. Kegiatan ini membuktikan bahwa teknologi, jika digunakan bijak, mampu membawa pembelajaran dari layar ke alam dengan cara yang inspiratif. Belajar tidak harus membosankan; kreativitas dan teknologi mampu membuat ilmu pengetahuan menjadi pengalaman yang menyenangkan, interaktif, dan dekat dengan kehidupan anak-anak.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI