Mohon tunggu...
Mesya Ashilah
Mesya Ashilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mesya Ashilah, seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kolaborasi Organisasi Sekolah dan Kurikulum Pendidikan dalam Membangun Indonesia Emas 2045

30 Maret 2024   10:55 Diperbarui: 30 Maret 2024   11:30 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Indonesia memiliki visi yang ambisius untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, yang sering disebut sebagai Indonesia Emas. Untuk mencapai tujuan ini, penting untuk membangun fondasi pendidikan yang kuat. Salah satu elemen kunci dalam mencapai hal ini adalah kolaborasi antara organisasi sekolah dan penyusunan kurikulum yang efektif. Dalam esai ini, kita akan mencoba mengeksplorasi peran kolaborasi ini dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Pentingnya Kolaborasi

Kolaborasi antara organisasi sekolah dan penyusunan kurikulum merupakan aspek penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Organisasi sekolah, termasuk guru, staf administrasi, dan kepala sekolah, memiliki pengetahuan dan pengalaman langsung tentang kebutuhan siswa dan tantangan yang dihadapi di lapangan. Di sisi lain, penyusunan kurikulum melibatkan para ahli pendidikan, pemangku kepentingan, dan pemerintah dalam merancang kurikulum yang relevan dan responsif terhadap perubahan zaman. 

Kolaborasi antara organisasi sekolah dan penyusunan kurikulum memungkinkan penyatuan pemikiran dan sumber daya untuk merancang pendidikan yang lebih efektif. Ketika guru dan staf sekolah terlibat dalam proses pengembangan kurikulum, mereka memiliki kepentingan langsung dalam kesuksesan siswa dan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan individual mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan masukan yang berharga tentang apa yang benar-benar diperlukan di kelas.

Berikut adalah beberapa organisasi sekolah yang dapat berpengaruh terhadap penyusunan kurikulum:

1. Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki peran utama dalam menentukan arah dan fokus sekolah. Mereka dapat berkontribusi pada penyusunan kurikulum dengan memberikan arahan, mendukung guru dalam pengembangan kurikulum, dan memastikan bahwa prioritas pendidikan sekolah tercermin dalam kurikulum.

2. Guru dan Staf Pengajar

Guru adalah ujung tombak dalam pelaksanaan kurikulum di kelas. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan siswa dan proses pembelajaran yang efektif. Guru dapat memberikan masukan berharga tentang materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

3. Komite Kurikulum

Banyak sekolah memiliki komite kurikulum yang terdiri dari guru, orangtua, dan anggota staf sekolah lainnya. Komite ini bertanggung jawab untuk merancang, mengevaluasi, dan merevisi kurikulum sekolah. Mereka memastikan bahwa kurikulum mencakup berbagai mata pelajaran, mengikuti standar pendidikan yang ditetapkan, dan relevan dengan kebutuhan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun