Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Berburu Takjil di Kampoeng Ramadhan Masjid Raya Bintaro Jaya

15 Maret 2024   08:29 Diperbarui: 15 Maret 2024   08:31 1411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Pada setiap bulan Ramadan, Masjid Raya Bintaro Jaya menjadi saksi sebuah pemandangan yang tidak biasa. Di halaman masjid, terhampar sejumlah tenda yang menawarkan beragam kuliner dan busana muslim untuk pria dan wanita.

Tempat ini dikenal sebagai "Kampoeng Ramadhan", sebuah area yang menjelma menjadi pusat kegiatan menjelang waktu berbuka. Jamaah masjid memadati tempat ini, antusias mencari makanan kesukaan mereka atau sekadar menikmati suasana. Meskipun masjid menyediakan makanan berbuka gratis, tak sedikit pula pemburu takjil yang datang mencari variasi kuliner yang menarik.

Kampoeng Ramadhan tetap ramai hingga larut malam, terutama setelah shalat tarawih di Masjid Raya Bintaro Jaya selesai. Event ini bukanlah hal baru; telah menjadi bagian dari tradisi Ramadan selama tujuh tahun terakhir.

Tujuan utama dari Kampoeng Ramadhan ini adalah menciptakan nuansa islami yang meriah, sehingga setiap pengunjung bisa merasakan pengalaman yang tak terlupakan selama bulan suci Ramadan.

Event Kampoeng Ramadhan di Masjid Raya Bintaro Jaya (MRBJ) tahun 2024 menawarkan lebih dari sekadar kuliner untuk berbuka puasa. Dengan menyediakan 700 porsi menu buka puasa gratis setiap harinya, MRBJ memastikan bahwa para jamaah dan pengunjung dapat merasakan keberkahan bulan Ramadan.

Program ini merupakan bagian dari event rutin tahunan yang bertajuk "Kampoeng Ramadhan", yang bertujuan untuk menciptakan nuansa islami yang meriah dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.



Selain menu buka puasa, event ini juga menampilkan pentas seni dan budaya, serta sesi dakwah yang diisi oleh guru-guru dan influencer ternama. Hal ini menjadikan event Ramadhan di MRBJ selalu dinantikan oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, program sosial juga menjadi fokus dari Kampoeng Ramadhan ini. MRBJ akan mengadakan belanja bersama untuk 250 anak yatim, memberikan santunan kado lebaran kepada pejuang agama, menyalurkan zakat infaq, dan memberikan sedekah.

Dalam program sedekah makanan, sekitar 700 paket makanan disediakan setiap harinya, dengan total lebih dari 20.000 paket berbuka puasa yang akan didistribusikan selama bulan Ramadan 2024. Ini merupakan upaya MRBJ dalam menyebarkan kebaikan dan keberkahan Ramadan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Event "Kampoeng Ramadhan" merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid Raya Bintaro Jaya (dikenal dengan sebutan "Remisya"), sebuah organisasi remaja masjid di bawah naungan Masjid Raya Bintaro Jaya.

Remisya memiliki visi untuk mewujudkan Organisasi Kepemudaan yang Unggul, Produktif, dan Berdaya saing. Sebagai organisasi kepemudaan Islam, mereka berkomitmen untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dakwah Islam, khususnya ditujukan bagi remaja dan pemuda Islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun