Mohon tunggu...
Ibnu Muslim.
Ibnu Muslim. Mohon Tunggu... Guru - Kepala keluarga

Kepala sekolah

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Masjid terbesar di Maros

1 Juni 2024   09:29 Diperbarui: 1 Juni 2024   09:40 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Al Markas Al Islami (Sumber: Dokpri)

Maros 1 Juni 2024

Hallo sahabat literasi yang baik hati. Mungkin Anda sedang dalam perjalanan religi. Mari kita mengenal massjid terbesar di Kabupaten Maros. Saat ini masjid terbesar di Maros menurut saya adalah Masjid Al Markas Al Islami. Seingat saya masjid ini mulai dirintis sejak tahun 2000 oleh Pemerintah Kabupaten Maros. Setiap ada pergantian pejabat pemerintah, masjid ini senantiasa diperbaiki. Masjid berlantai 2 ini bagian bawahnya untuk kegiatan kemasyarakatan. Untuk acara pesta penganten, untuk kegiatan pertemuan/pelatihan/seminar dsb. Masjid ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Berhadapan dengan Kantor Bupati Maros. Jika sahabat literasi dalam perjalanan dari Makassar ke arah Pangkep maka masjid ini berada di sebelah kiri jalan. Persis di tempat berhenti lampu merah anda dapat melihat ke kiri, maka akan tampak wajah masjid tersebut.

Sebelum dibangun masjid ini, masjid yang terbesar adalah Masjid Agung. Masjid ini berada di Jalan Lanto Daeng Pasewang bertemu dengan Jalan Petarani. Masjid ini berdampingan dengan Kantor Polres Maros. Tak jauh dari masjid ini adalah Rumah jabatan Bupati dan wakil Bupati. Dengan adanya dua masjid besar ini Maros bisa juga dikatakan kota religi. Hal yang mendukung kota religi adalah ada beberapa tempat pesantren. Misalnya Darul Istiqomah, YADI dan pesantren lainnya.  Saat ini setidaknya sudah ada sekitar 594 masjid di Maros. Berikut ini wajah dari Masjid Agung Maros.

Masjid Agung Maros (Sumber: Dokpri)
Masjid Agung Maros (Sumber: Dokpri)

Sebagai Kabupaten yang bisa disebut religi, di Maros juga ada beberapa tempat beribadatan dari agama non Islam. Ada  beberapa gereja di Kabupaten Maros. Jadi kerukunan umat beragama di Maros sangat menggembirakan untuk saat ini. Hari ini ada dialog ulama dan umara tentang "Akselerasi Menuju Maros Religi" bertempat di Rumah Jabatan Bupati Maros. Semoga Maros menjadi kabupaten religi seperti Bone, Kudus, Tuban, Banten, Ponorogo, Kendal, Kediri, Jombang dan kota/kabupaten religi lainnya. Salam literasi (IM)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun