Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Manfaat Mencium Anak dalam Tumbuh Kembang dan Memperoleh Rahmat Allah

4 Februari 2024   09:15 Diperbarui: 4 Februari 2024   09:23 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumentasi Keluarga Merza Gamal

Pentingnya kasih sayang dalam pengasuhan anak tidak dapat diabaikan. Menciptakan ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan anak merupakan fondasi utama untuk tumbuh kembang anak secara sehat. Dalam Islam, kasih sayang terhadap anak dianggap sebagai suatu bentuk ibadah dan mengandung makna mendalam yang membawa rahmat Allah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah memberikan teladan yang sangat baik dalam menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak. Beliau menunjukkan kelembutan dan perhatian, mengajarkan umat Islam untuk mengikuti sikap tersebut.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya sikap lemah lembut tidak akan berada pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya (dengan kebaikan). Sebaliknya, jika lemah lembut itu dicabut dari sesuatu, melainkan ia akan membuatnya menjadi buruk." (HR. Muslim no. 2594)

Mencium, menyentuh, dan mengusap beberapa titik tubuh anak dianggap sebagai ekspresi kasih sayang yang sejalan dengan sunah Nabi. Dalam ajaran psikologi anak Islam disoroti empat titik tubuh yang sebaiknya diberikan perhatian oleh seorang ayah, yaitu ubun-ubun anak, kening anak, kedua pipi anak, dan punggung tangan anak.

Adapun manfaat mencium anak bagi tumbuh kembang dan sekaligus memperoleh Rahmat Allah adalah sebagai berikut:

  1. Rasa Aman dan Nyaman: Mencium anak menciptakan rasa aman dan nyaman pada mereka. Ini memberikan pesan bahwa mereka dicintai dan dilindungi, mengurangi kecemasan dan stres.
  2. Pengaruh Positif pada Emosional: Sentuhan fisik, termasuk mencium, dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan emosional anak. Mereka tumbuh dengan keyakinan bahwa mereka diterima dan dihargai.
  3. Pembangunan Ikatan Emosional: Mencium dan menyentuh adalah bentuk komunikasi non-verbal yang membangun ikatan emosional antara orang tua dan anak. Hal ini menciptakan hubungan yang erat dan positif.

Penunjukkan Kasih Sayang dari Seorang Ayah

Penunjukkan kasih sayang dari seorang ayah kepada anak melalui menyentuh dan mencium beberapa titik tubuh tertentu memiliki dasar kelembutan dan kehangatan dalam mendidik anak. Memang, sentuhan fisik dapat menjadi cara yang kuat untuk mengekspresikan kasih sayang, membangun ikatan emosional yang erat antara orang tua dan anak.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang empat titik tubuh yang sebaiknya diberikan perhatian oleh seorang ayah, yaitu:

  1. Ubun-Ubun Anak: Sentuhan atau ciuman pada ubun-ubun anak di bagian kepala dapat memberikan rasa perlindungan dan kelembutan. Ini bisa menjadi cara untuk meredakan kecemasan dan memberikan rasa aman pada anak.
  2. Kening Anak: Menyentuh atau mencium kening anak dapat menjadi tindakan penuh kasih sayang. Hal ini bisa memberikan pesan bahwa anak dihargai dan dicintai oleh orang tuanya.
  3. Kedua Pipi Anak: Menyentuh atau mencium kedua pipi anak adalah ekspresi kasih sayang yang umum. Ini menciptakan suasana hangat dan positif, memberikan anak perasaan diterima dan dicintai.
  4. Punggung Tangan Anak: Sentuhan atau usapan lembut pada punggung tangan anak bisa memberikan rasa nyaman dan kehangatan. Ini juga dapat menjadi cara untuk meredakan stres atau ketegangan pada anak.

Cara Menunjukkan Kasih Sayang Lainnya 

Memberikan kasih sayang kepada anak bukan hanya tentang mencium dan menyentuh, tetapi juga melibatkan serangkaian tindakan yang mendukung perkembangan holistik mereka. Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat orangtua lakukan:

  1. Pemberian Perhatian: Luangkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan anak dengan penuh perhatian, tanpa distraksi.
  2. Pelukan dan Sentuhan: Pelukan hangat atau sentuhan lembut dapat membantu membangun ikatan emosional yang kuat.
  3. Pujian Positif: Memberikan pujian tulus ketika anak berprestasi dapat membentuk perkembangan kepercayaan diri mereka.
  4. Waktu Berkualitas Bersama: Habiskan waktu berkualitas dengan anak, terlibat dalam aktivitas yang mereka nikmati.
  5. Memberikan Dukungan: Tunjukkan dukungan dan ketenangan saat anak menghadapi tantangan atau kesulitan.
  6. Memberikan Batasan dengan Kasih: Terapkan batasan dan aturan dengan penuh kasih sayang dan penjelasan yang baik.
  7. Terlibat dalam Kegiatan Mereka: Ikut serta dalam kegiatan atau hobi anak untuk memahami minat dan bakat mereka.

Ingatlah bahwa setiap anak unik, dan orangtua dapat menyesuaikan cara menunjukkan kasih sayang sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak. Dengan memberikan kasih sayang yang cukup, seorang ibu/ayah tidak hanya membantu perkembangan emosional dan sosial anak tetapi juga memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan mereka secara menyeluruh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun