Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tangguhnya Rantai Pasokan yang Didekarbonisasi

15 Juli 2022   10:10 Diperbarui: 15 Juli 2022   10:16 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Tangguhnya rantai pasokan yang didekarbonisasi (Photo by Merza Gamal)

Ketahanan telah menjadi prioritas utama bagi para pemimpin bisnis karena gangguan rantai pasokan (supply chain) sekarang telah menjadi kenyataan hidup bagi banyak perusahaan. Satu aspek penting yang perlu mendapat perhatian lebih adalah dekarbonisasi. Menyesuaikan biaya, ketahanan, dan dekarbonisasi mungkin terdengar menantang, tetapi elemen-elemen ini dapat bekerja bersama-sama.

Rantai pasokan yang didekarbonisasi pada akhirnya adalah rantai pasokan yang lebih tangguh, dan bahkan mungkin membuka jalan menuju rantai pasokan yang lebih murah di masa datang. Elemen pengiriman, yang mencakup sekitar 90 persen dari ton-mil yang tercakup dalam perdagangan global, adalah tempat yang baik untuk memulai.

Pengiriman dekarbonisasi dapat membantu dengan volatilitas harga bahan bakar, walaupun mungkin tidak akan memperbaiki kemacetan rantai pasokan seperti kekurangan pengemudi atau kurangnya ruang gudang. Meningkatkan efisiensi bahan bakar akan mengurangi paparan terhadap perubahan harga yang liar dalam biaya bahan bakar. Penelitian McKinsey menunjukkan bahwa antara sepertiga dan setengah dekarbonisasi akan berasal dari efisiensi bahan bakar yang lebih besar.

Kesenjangan yang tersisa akan tertutupi oleh adopsi bahan bakar nol-karbon dan karbon-netral. Bahan bakar berbasis hidrogen yang bersih (termasuk e-metanol, e-amonia, e-metana, dan hidrogen itu sendiri) dapat menjadi biaya yang kompetitif dalam sepuluh hingga 20 tahun. Pembuatan bahan bakar hidrogen secara geografis beragam berbeda dengan produksi bahan bakar fosil yang terkonsentrasi di wilayah tertentu. Tenaga surya dan angin berlimpah di banyak tempat, sehingga ketersediaannya seharusnya mampu menghasilkan lanskap kompetitif yang menurunkan biaya.

Tren menuju dekarbonisasi rantai pasokan sudah jelas. Perusahaan-perusahaan di seluruh industri mulai meningkatkan target dekarbonisasi lingkup-3 mereka, yang mencakup pengurangan emisi rantai pasokan. Banyak perusahaan pelayaran telah berkomitmen untuk mencapai nol bersih pada tahun 2050, dan semakin banyak perusahaan yang menargetkan tahun 2040.

Perusahaan dapat terselamatkan dari paksaan untuk membuat penyesuaian yang tiba-tiba dan lebih mahal di masa depan ketika regulator memperketat standar lingkungan dengan menetapkan target lingkup-3 yang berani sekarang. Organisasi Maritim Internasional menargetkan, pada tahun 2050, pengurangan 50 persen emisi CO absolut dari tingkat 2008.

Melihat lanskap kebijakan saat ini, kemungkinan tingkat peningkatan efisiensi kapal, dan penurunan biaya bahan bakar alternatif dan kemudian memproyeksikan ke depan, analisis McKinsey memperkirakan industri pelayaran global akan melepaskan sekitar 20 persen lebih banyak CO antara sekarang dan 2050, tidak jauh dari karbon nol.

Ketidakjelasan pasar di sekitar kinerja bahan bakar kapal yang berbeda sulit dilakukan secara tradisional. Langkah pertama yang pelu dilakukan perusahaan adalah menambahkan transparansi ke dalam output karbon rantai pasokan mereka. Saat ini, sudah ada solusi yang memperkirakan emisi karbon berdasarkan kapal yang membawa barang, dan inovasi Internet of Things baru membuat kemahatahuan emisi menjadi kenyataan.

Visibilitas tersebut memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi dan meraih kemenangan cepat. Misalnya, untuk pemilik kargo, memilih kapal yang mengonsumsi bahan bakar 3 persen lebih sedikit akan langsung mengurangi emisi CO sebesar 3 persen. Pemilik kargo juga dapat mendorong mitra pengiriman dan penyedia bahan bakar mereka untuk bereksperimen dengan skema percontohan biofuel. Potensi dampak biofuel yang bisa mengurangi emisi CO antara 25 dan 60 persen tidak perlu dicemooh.

Pertanyaan besarnya tentu adalah bagaimana membuat ekonomi bekerja. Di sektor-sektor seperti barang konsumsi, perusahaan mungkin dapat menyebarkan biaya ke seluruh rantai nilai. Pelanggan elektronik konsumen, mode, dan mobil tidak mungkin menolak kenaikan harga yang sangat kecil untuk pengiriman yang lebih ramah lingkungan. Kenaikan 20 atau bahkan 50 persen dalam biaya pengiriman dapat berarti hanya beberapa dolar ekstra untuk seseorang yang membeli sepasang sepatu kets.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun