Mohon tunggu...
Merci Fourte
Merci Fourte Mohon Tunggu... Kompasiana freelance writer

Mahasiswi Universitas Pertamina Aktivitis Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Bandung Boseh, Wisata Ramah Lingkungan Sambil Keliling Ikon Kota

8 Juli 2018   12:34 Diperbarui: 8 Juli 2018   15:02 0 4 1 Mohon Tunggu...
Bandung Boseh, Wisata Ramah Lingkungan Sambil Keliling Ikon Kota
Shelter Sepeda Boseh|Dokumentasi pribadi

Boseng keliling Bandung gitu-gitu aja? Ayo Nge-'Boseh'!

Siapa sih yang tidak kenal Kota Bandung? Kota kembang yang terkenal akan peuyeum, batagor dan bolu oleh-oleh khas Bandung. Juga keindahan taman kota dan arsitektur bangunan yang adem dilihat merupakan ciri khas tersendiri. Jika para sobat traveler ingin mengabiskan waktu liburannya bersantai, Bandung pilihan yang tepat! 

Bandung paling dikenal sebagai kota ramah lingkungan. Mulai dari tempat sampah pemilah yang tersedia dimana-mana, komunitas yang peduli lingkungan, taman terbuka hijau dan juga fasilitas pendukung budaya ramah lingkungan, seperti sepeda keliling kota, Boseh!

Dinas Perhubungan Kota Bandung baru saja merilis penyewaan sepeda keliling kota, Bike On The Street Everybody Happy (Boseh). Shelter peminjaman sepeda Boseh ini tersebar luas di Bandung. 

Boseh menggunakan sistem kartu top-up dan punya sistem anti-maling tersendiri. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan berwisata di Bandung, berolahraga dan juga menerapkan budaya ramah lingkungan!

Shelter atau tempat peminjaman Boseh tersebar di seluruh Bandung dan saat ini ada 30 shelter dengan 300 sepeda, antara lain:

  1. Jalan Ganesha
  2. Taman Lansia
  3. Taman Cibeunying
  4. Taman Pramuka
  5. Cihampelas
  6. Taman Musik Centrum
  7. Gedung Pos Jalan Riau
  8. Loop Station Museum Geologi
  9. Alun-Alun Utara
  10. Alun-Alun Selatan

Dan masih banyak lagi. Ketersediaan jumlah sepeda dan lokasi shelter dapat dilihat dari aplikasi smartphone Boseh yang gratis diunduh!

Aplikasi Boseh di Android| Screenshoot Dokumentasi pribadi
Aplikasi Boseh di Android| Screenshoot Dokumentasi pribadi
Untuk pembuatan kartu boseh dapat dilakukan dengan petugas boseh di 3 shelter , yaitu:
  1. Taman Cibeunying
  2. Loop Station Museum Geologi
  3. Alun-Alun Utara

Pembutan kartu boseh pun ga ribet! Anda hanya perlu menunjukkan KTP/Paspor/Kartu Pelajar untk pendaftaran, mengisi formulir dan membuat pin. Petugas boseh pun akan membantu kalian cara untuk meminjam boseh. 

Untuk meminjam sepeda, pertama, letakkan kartu pada box sepeda dan masukkan pin. Kemudian pilih nomor sepeda yang ingin dinaiki, lampu pada dock speda akan nyala dan tarik sepeda. Gampang kan? Namun jangan lupa untuk mengembalikan lagi sepedanya ke dock dan menempelkan kartunya setelah selesai untuk memotongan transaksi.

Biaya pembuatan kartu sebesar Rp 30.000 per kartu dan untuk peminjaman dikenakan biaya Rp 1.000 satu jam pertama dan Rp 2.000 untuk jam selanjutnya. Kartu yang digunakan menggunakan sistem top-up jadi dapat diisi ulang pada shelter atau Indomaret. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4