Mohon tunggu...
Yovinus
Yovinus Mohon Tunggu... Penulis - laki-laki

Hidup itu begitu indah, jadi jangan disia-siakan. Karena kehidupan adalah anugerah Tuhan yang paling sempurna bagi ciptaanNya

Selanjutnya

Tutup

Money

Harga Baru Gas Melon yang Membahagiakan

22 Mei 2021   16:24 Diperbarui: 22 Mei 2021   16:45 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktu sudah menunjukan pukul 11.00 siang, ketika isteri saya yang sedang memasak sayur opor ayam kesukaan anak-anak, memanggil saya yang pada saat itu sedang sibuk mengetik sebuah up date Bab baru dari Novel saya yang sudah terbit online.

Saya bertanya ada apa, dari tempat saya bekerja. Yang jaraknya dari dapur hanya sekitar sepuluh meter saja. Gas habis, jawab isteri saya. Padahal masakannya lagi tanggung sekali. Sayapun hanya menarik nafas panjang, karena itu artinya saya harus segera membeli gas ke pasar.

Sayapun lalu men-save pekerjaan saya dan mematikan komputer, setelah itu melepaskan gas dari regulatornya dan membawanya ke arah pasar yang jaraknya hanya sekitar 500 meter saja dari rumah saya dengan mengendarai sepeda motor butut saya yang sudah terbatuk-batuk ketika di bawa menanjak.

Sewaktu menanyakan harganya saya terkejut sekali, sampai saya harus mengulanginya sebanyak dua kali. Saya takut pendengaran saya yang salah, karena harga gas melon 3 kg itu 'hanya' Rp. 20.000 saja per tabungnya. 

Saya memang pantas terkejut, karena selama ini di daerah kami harga pertabung gas melon itu berkisar antara 28 ribu sampai 45 ribu rupiah. Itu pun terkadang sangat sulit untuk mendapatkannya, karena sangat langka.

Sementara kalau untuk membeli yang 12 kg, harganya berkisar Rp. 185.000-Rp.195.000 pertabungnya. Memang kalau dibandingkan dengan harga yang 3 kg itu tidaklah jauh berbeda sebenarnya, tetapi persoalannya bukan itu. sudah beberapa kali kami mengujinya, paling lama yang 12 kg itu hanya mampu di pakai selama 3 minggu saja. Sementara yang 3 kg ini selalu satu minggu, bahkan terkadang lebih. Lalu apanya yang salah dengan yang 12 kg itu? Seharusnya tahan minimal untuk 4 minggu, kan?

Lalu kembali ke persoalan harga gas yang murah tadi, saya tidak tahu apa yang membuatnya bisa semurah itu, sehingga saya iseng bertanya, "kok murah?"

"Sekarang banyak, Pak. Ndak kaya dulu, berapapapun kita minta, tetap di kasik." Jelas penjaga toko langganan saya yang sekaligus juga sebagai pemiliknya itu.

"Kok bisa?" tanya saya penasaran.

"Entalahlah, pak." Katanya tidak bisa menjelaskan penyebab harga murahnya itu.

Tetapi apa pun itu alasannya, sebenarnya tidak terlalu krusial bagi saya. Bagi kami masyarakat kecil ini, adalah harganya yang murah dan tidak kesulitan dalam mendapatkannya. Itulah yang paling penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun