Mohon tunggu...
Mentari anastasyaerlandhea
Mentari anastasyaerlandhea Mohon Tunggu... mahasiswi

pendidikan nomor 1

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hakikat KKN di Masa Pandemi Covid-19

5 Juli 2020   15:20 Diperbarui: 5 Juli 2020   15:24 115 0 0 Mohon Tunggu...

Salah satu imbas yang paling berpengaruh karena covid-19 ini adalah para Mahasiswa/i. Selama 4 bulan terakhir, seluruh mahasiswa/i diwajibkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjalankan pembelajaran melalui media daring. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa/i UPI semester 6. Seluruh mahasiswa semester 6, saat ini sedang melakukan tugas KKN (Kuliah Kerja Nyata) melalui media daring.

KKN Tematik adalah KKN yang orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah pada wilayah tertentu (Kabupaten/Kota).

Walaupun ada banyak keterbatasan dalam menjalankan KKN tematik tersebut, tetapi pada hakikatnya KKN tetap dilaksanakan dengan mempraktikan protocol yang kesehatan Covid-19.

KKN yang dilakukan pada saat ini membahas mengenai covid-19 melalui bentuk apapun ( gambar / poster / spanduk bahkan video ) banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh pembaca dan masyarakat setempat karena sekarang apapun bisa diakses oleh internet , maksud dan tujuan yang dilakukan semua kampus termasuk UPI sangat baik guna masyarakat bisa mengambil hal positif atau pengetahuan yang belum didapat banyak sekali pembahasan yang dibuat mahasiswa/i  mengenai covid-19 hingga pencegahanya.

Banyak kegiatan kkn tematik covid-19 yang harus dilakukan mahasiswa/i misalnya membuat poster / gambar mengenai covid-19 ( apa itu covid , pencegahan , dampak dan masih banyak lagi) , video edukasi ( mengenai pembelajaran online , kegiatan yang bisa dilakukan dirumah aja ) , pembuatan APD ( membuat handsanitizer, cairan disenfektan dan minuman rempah-rempah ), dan spanduk beberapa kegiatan yang harus dilakukan tersebut kurang lebih saya melakukanya contohnya mendata penduduk , pendekatan ketua RT-RW setempat , melakukan dan membuat poster / gambar , video , bahkan sampai membuat spanduk . 

Waktu KKN kali ini dilaksanakan sama seperti KKN pada umumnya ( sebelum adanya wabah covid-19 ) dilakukan selama 30 hari , tetapi bedanya yang sebelumnya melakukan KKN berkelompok , dilakukan didesa yang diatur oleh kampus. 

Sekarang mahasiswa/i diharuskan melaksanakan kkn secara individu dan didesa masing-masing guna terselenggaranya program yang dirancang oleh kampus. tetapi dengan adanya covid-19 ini mahasiswa/i yang diharuskan melaksanakan KKN tetapi melalui online tetap semangat dan menjalankanya sesuai aturan kampus masing-masing dengan waktu yang sama 30 hari ( minimal perhari 4 jam ) , setelah semua kegiatan selesai selama 30 hari , kami yang melaksanakan KKN tematik covid-19 diharuskan membuat laporan akhir guna menyelesaikan seluruh rangkaian data atau tugas yang seharusnya dipenuhi , artikel bahkan membuat video. 

Bukan hanya masyarakat yang dapat menerima pengetahuan baru , tetapi mahasiswa/i yang menjalankan KKN Tematik Covid-19 juga memiliki banyak manfaat dan pengetahuan, mahasiswa/i dianjurkan mencari materi dan data setiap hari untuk melaksanakan pembuatan poster / gambar , dari yang tidak mengerti menggunakan media sosial jadi bisa, dari yang tidak bisa mengedit video jadi bisa , dari yang tidak bisa mendesain gambar atau poster diharuskan belajar agar bisa , mendata penduduk sesuai covid jadi mahasiswa mendapatkan informasi didesa berapa jumlah masyarakat  dan berapa terdampak covid , masyarakat yang membutuhkan bantuan serta masyarakat yang harus mendapatkan edukasi. sehingga masyarkat dan mahasiswa/i dapat mengambil manfaat dan sisi positif dan menerapkanya.

KKN yang dilaksanakan pribadi dan dilakukan secara online sedikit menyulitkan beberapa mahasiswa yang kurang paham mengenai media sosial .Hakikatnya mahasiswa/i melakukanya dengan semangat dan pengabdian secara online sampai akhirnya selesai melaksanakan kegiatan KKN Tematik Covid-19. yang sesusai dengan Tri dharma perguruan tinggi yaitu melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat. dimanapun , kapanpun dan seperti apapun pengabdian harus dilakukan.

Pada Era sekarang ini, semua hal yang berbentuk apapun pasti bisa dijangkau melalui media internet/daring. Dari hal kecil seperti komunikasi sampai hal terbesar pun bisa terjangkau melalui media internet. Pembelajaran pun bisa dilakukan dengan optimal dan baik melalui media daring jika kita mau berusaha dan niat dalam menjalankan tugasnya. 

KKN yang dilakukan oleh Mahasiswa/i UPI berjalan dengan baik walaupun banyaknya keterbatasan didalamnya dan semua Mahasiswa dapat menyelesaikan dengan tepat dan menjaga kesehatan dengan baik. Tidak semua hal yang terjadi akibat pandemic ini buruk. Dari kejadian Pandemic covid-19 ini kita bisa dapatkan banyak hikmat dari semuanya seperti meningkatnya ibadah, kekeluargaan yang kuat serta toleransi yang kuat karena kepedulian antar sesama umat manusia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x