Mohon tunggu...
MELSI ANGRAINI
MELSI ANGRAINI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Prodi Pendidikan IPS (Konsentrasi Ilmu Ekonomi), dan menyukai seputar Sejarah karena sejarah adalah gurunya kehidupan. πŸ€—β€οΈ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seberapa Penting Psikologi Anak Usia Dini?

15 September 2022   23:48 Diperbarui: 15 September 2022   23:53 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penting bagi setiap orang tua buat tahu psikologi anak usia dini. Hal ini dibutuhkan supaya perkembangan anak secara holistik sanggup maksimal, baik berdasarkan sisi karakter, kecerdasan, & emosionalnya.

Masa usia dini adalah periode tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama kehidupannya sampai usianya mencapai kurang lebih lima sampai 7 tahun. Pada masa ini, anak-anak mengalami perkembangan yang pesat, mulai berdasarkan segi fisik, kognitif, sampai emosional. Ada 3 sisi perkembangan masa usia dini yang berpengaruh dalam psikologi anak, yaitu:

Ada 3 sisi perkembangan masa usia dini yang berpengaruh dalam psikologi anak, yaitu:

1. Tumbuh kembang fisik

Pertumbuhan & perkembangan kemampuan fisik anak usia dini sangat ditentukan sang faktor keturunan & lingkungan. Pada masa ini, krusial buat membentuk lingkungan yang bisa merangsang pertumbuhan menggunakan membiarkan anak bereksplorasi & mencoba hal baru.

Pada masa ini pula, para orang tua perlu mengenali termin tumbuh kembang & kemampuan anak, contohnya dalam usia berapa anak seharusnya telah sanggup berbicara, duduk, berdiri, merangkak, & berjalan.

2 . Tumbuh kembang kognitif

Perkembangan kognitif anak telah mulai bisa dikenali waktu beliau telah sanggup belajar & tahu bunyi, warna, bentuk suatu objek, dan bahasa yang dipakai sehari-hari pada sekitarnya.

Pada masa ini, khayalan & memori anak juga akan terus berkembang. Seiring menggunakan berambahnya usia anak & perkembangan otaknya, anak juga akan semakin mahir pada belajar mengingat, mengenali bunyi orang pada sekitarnya, menerangkan emosi, & berpikir.

3. Tumbuh kembang sosial, budaya, & emosional

Perkembangan sosial, budaya, & emosional adalah 3 sisi yg saling berkaitan. Perkembangan ini umumnya melibatkan perolehan nilai, kebiasaan, cara hidup, & keterampilan yg mensugesti karakter anak sepanjang hidupnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun