Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Alasan Saya Membuat Konten Youtube

16 September 2021   11:09 Diperbarui: 17 September 2021   12:53 716 47 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Alasan Saya Membuat Konten Youtube
Ilustrasi Membuat Video untuk konten Youtube (freepik/freepik)

Youtube adalah salah satu platform media sosial dalam bentuk video. Namun, karena proses pembuatan kontennya cukup ribet dan memakan waktu, akhirnya lebih banyak orang yang hanya menjadi penikmat video saja di aplikasi ini.

Apalagi kalau mau membuat konten youtube, kesannya adalah mau menjadi youtuber dan mencari uang melalui Adsense. Bagaimana tidak, pendapatan artis dan para youtuber dari adsense youtube diperkirakan miliaran rupiah tiap bulannya.

Menurut Kompas.com (26/5/21), Raffi Ahmad diperkirakan mendapatkan Rp 561 Juta-9 Miliar per bulannya. Deddy Corbuzier diperkirakan mendapat 22.300-356.300 dolar AS, sedangkan Baim Wong diperkirakan mendapat 26.600-425.000 dollar AS. Sungguh angka yang fantastis.

Video Pertama

Saya mengunggah video pertama kali adalah pada 28 Agustus 2017. Video pertama yang saya unggah adalah video suami saya yang saat itu masih menjadi pacar, pada sebuah acara organisasi yang diikutinya. Alasan saya waktu itu adalah agar mudah membagikan video dokumentasi tersebut pada anggota yang lain. Karena tidak mungkin membagikan video panjang pada aplikasi chatting bukan?

Unggahan video-video berikutnya adalah video-video dokumentasi pernikahan saya. Saya tidak mau memenuhi memori handphone saya, jadi saya share saja ke youtube. Bagi keluarga yang mau lihat videonya, saya juga tinggal membagikan link video tersebut. Praktis!

Namun pada perkembangannya video ini justru banyak ditonton oleh para calon pengantin, sehingga viewnya mencapai 39 ribu kali ditonton.

Video-video berikutnya masih tentang dokumentasi liburan pribadi saya atau dokumentasi kegiatan. Lagi-lagi alasannya adalah untuk bisa mengakses kapan saja tanpa harus menyimpan di memori handphone.

Belajar Public Speaking

Suatu saat saya berniat serius belajar membuat konten. Alasan saya pertama kali membuat video konten youtube adalah untuk belajar public speaking. Meskipun saya lulusan jurusan komunikasi dan terbiasa membuat tulisan, nyatanya saya sering kesulitan berbicara dengan lancar dan terstruktur, sistematis dan tidak berbelit-belit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan