Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Ingin Tinggal di Cluster, Siap dengan Aturan Ini?

4 September 2021   08:54 Diperbarui: 5 September 2021   13:52 749 36 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ingin Tinggal di Cluster, Siap dengan Aturan Ini?
Ilustrasi Aturan di rumah tipe cluster| Sumber: freepik/jcomp

Tinggal di komplek perumahan tipe cluster sedikit berbeda dengan tipe perumahan lainnya. Ada beberapa aturan yang mau tak mau harus diikuti. Padahal rumah milik kita sendiri, tapi kok diatur-atur? Nah inilah tantangannya.

Kalau Anda bingung apa perbedaan Residence, Cluster, dan Townhouse, maka saya akan sedikit membahasnya di sini.

Komplek perumahan residence adalah tipe perumahan dengan jumlah ratusan rumah (bahkan ribuan), dengan beberapa tipe luasan rumah yang desainnya seragam. 

Perumahan tipe ini dibangun di wilayah yang luas dan biasanya "membuka daerah baru". Di dalamnya disediakan berbagai fasilitas umum seperti tempat ibadah, balai warga, sarana olahraga, taman, jogging track, mini market, dan fasilitas lainnya. Semakin lengkap tentu semakin mahal. 

Konsep komplek perumahan residence ini biasanya masih memiliki beberapa pintu masuk, dan tidak begitu ketat, meskipun dijaga security. 

Aturan perumahannya juga masih cukup bebas, Anda bisa tetap mengubah bentuk rumah sesuai kebutuhan Anda. Namun ada juga tipe komplek perumahan residence yang membuat cluster-cluster lagi di dalamnya. Lho apa maksudnya?

Cluster sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komplek perumahan residence. Fasilitasnya mungkin tak selengkap residence, namun biasanya lokasinya sudah cukup strategis dan dekat pusat kota. 

Namun yang paling mencolok dari tipe cluster adalah sistem keamanan satu pintu. Di mana untuk memasuki cluster tersebut hanya ada satu akses masuk yang dijaga satpam. 

Tentu lebih aman dan privat. Tidak sembarang orang bisa masuk, terkadang ada kartu akses masuk sendiri. Kalau ingin bertamu, maka terkadang harus menyerahkan kartu identitas di pos Satpam.

Lalu apa lagi townhouse itu? Townhouse merupakan solusi perumahan eksklusif dengan lahan terbatas di pusat Kota. Memiliki keamanan seperti cluster, namun jumlahnya lebih sedikit lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan