Mohon tunggu...
Melinda Agustina Arum Pratiwi
Melinda Agustina Arum Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Halo perkenalkan nama Saya Melinda Agustina Arum Pratiwi dari Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Maaf jika ada kekurangan dalam karya tulis yang saya buat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Magang di BPS Jawa Timur - Membuat Infografis

20 Oktober 2023   16:46 Diperbarui: 20 Oktober 2023   17:01 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat mengikuti magang banyak sekali materi yang saya dapatkan. Salah satunya yaitu infografis. Jadi infografis adalah kumpulan visualisasi, grafik, dan sedikit teks. Nah, semua itu dirangkai untuk memudahkan pemahaman audiens akan suatu topik. Penggunaannya juga bermacam-macam. Saya dan teman-teman diarahkan agar bisa membuat infografis dari salah satu tema yang telah disediakan. Saya memilih tema untuk infografis yaitu "Produksi Padi di Jawa Timur". Aplikasi untuk membuat infografis bermacam-macam. Tetapi biasanya yang paling banyak digunakan yaitu canva. Di aplikasi canva tersebut saya bisa berkreatifitas secara bebas sesuai keinginan. Pembimbing magang dari BPS Jawa Timur memberikan pengarahan dan penjelasan dengan sangat baik dan jelas sehingga saya dan teman-teman bisa mengikuti kegiatan tersebut. Untuk langkah -- langkah dalam pembuatan infografis yaitu :

  • Menentukan tema yang akan dipilih
  • Menentukan audiens (target pembaca)
  • Mengumpulkan data (sumber referensi)
  • Visualisasikan data ke infografis.
  • Merancang struktur grid layout.
  • Menggunakan template infografis.
  • Menambahkan style pada desain.

Tujuan dari pembuatan infografis yaitu :

  • Untuk mengkomunikasikan pesan yang kompleks menjadi lebih sederhana.
  • Dapat mempresentasikan informasi lebih singkat dan mudah dipahami.
  • Dapat menjelaskan data lebih mudah.
  • Dapat memonitor secara periodik setiap parameter perubahan.

Sekian penjelasan singkat yang dapat saya sampaikan saat belajar membuat infografis. Nah, tak lupa juga ada dokumentasi dari saya, teman-teman, dan pembimbing magang dari BPS Jawa Timur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun