Mohon tunggu...
Melia Fitriani
Melia Fitriani Mohon Tunggu... guru, penulis, dan editor

Seorang guru yang gemar menulis fiksi dan menjadi editor lepas untuk naskah nonfiksi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Metode Betengan Tata Surya Membuat Belajar IPA Menjadi Lebih Menyenangkan

3 Juli 2020   19:37 Diperbarui: 3 Juli 2020   19:27 155 1 0 Mohon Tunggu...

Materi tata surya pada pembelajaran tematik kelas enam Sekolah Dasar seringkali membuat siswa merasa bosan karena mereka hanya mendengarkan ceramah dan mendapat tugas dari guru. Delapan planet yang indah menjadi momok saat hafalan. Maka, banyak cara yang digunakan guru untuk membuat pembelajaran materi Tata Surya menjadi lebih menyenangkan. Ada yang membuat jembatan keledai "MeVeBuMaJuSaUNeptun" agar siswa lebih mudah menghafal, ada juga yang menggunakan metode bermain peran.

Kali ini, dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, saya menggunakan metode Betengan Tata Surya agar siswa bisa lebih aktif dalam belajar. Betengan Tata Surya memadukan antara kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif sehingga metode ini sesuai dengan keterampilan abad 21.

Mengapa menggunakan permainan betengan? Karena :

  • Betengan merupakan permainan yang sudah ada sejak zaman dulu. Bermain betengan berarti ikut melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional.
  • Siswa usia sekolah dasar lebih menyukai permainan yang menyenangkan di luar kelas.
  • Dengan adanya praktik permainan betengan, siswa akan lebih mudah dalam mempelajari materi tata surya.
  • Dengan bermain di luar kelas, siswa juga belajar mensyukuri karunia Tuhan berupa alam dan lingkungan sekitar.
  • Sikap sosial siswa terbangun dengan adanya kerjasama kelompok saat bermain betengan.
  • Sesuai dengan keterampilan abad 21 yaitu : berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Sesuai dengan namanya, betengan ini memiliki beberapa aturan yang hampir sama dengan permainan betengan pada umumnya, tetapi ada beberapa ciri khusus yang harus dipahami siswa berdasarkan materi Tata Surya.

Metode ini---alhamdulillah---telah berhasil membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran IPA materi Tata Surya.

Bagaimana dengan adanya pandemi ini? Apakah permainan betengan tata surya masih bisa dilakukan? Dalam perkembangannya, saya mencoba untuk memodifikasi metode ini ke dalam permainan lain yang dapat dimainkan oleh dua anak saja di dalam ruangan dengan tetap jaga jarak. Dengan demikian, metode Betengan Tata Surya masih dapat bertahan di era New Normal.

Bagaimana dengan pelajaran lainnya? Yuk, kreasikan strategi dan metode mengajar kita. Masa pandemi bukan saat untuk berdiam diri, karena masih banyak siswa yang menanti kreativitas kita agar mereka bisa tetap belajar jarak jauh dengan aman dan menyenangkan.[]

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x