Mohon tunggu...
Meliana Aryuni
Meliana Aryuni Mohon Tunggu... Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Mampir ke blog saya ya melianaaryuni. (dot) wordpress.(dot) com dengan label 'Pribadi untuk Semua' 🤗

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Inilah Pelajaran Berharga dari Ramadan untuk Anakmu

2 Mei 2021   07:44 Diperbarui: 2 Mei 2021   07:55 287 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Pelajaran Berharga dari Ramadan untuk Anakmu
Picsart olah pribadi

Ramadan itu sarat dengan ibadah ya karena keberadaannya yang hanya ada satu bulan per tahunnya. Jadi, sangat disayangkan jika sebulan ini kita tidak mendapatkan pelajaran apapun darinya. Ramadan itu bulan pelatihan ya. 

Loh kenapa begitu? Ya, karena begitulah keadaannya. Selama ramadan kita berlatih untuk menahan lapar dan haus, berlatih menahan marah dan rasa kesal, berlatih agar tidak malas untuk melakukan kebaikan.

Baca juga: Kegiatan inilah yang Kami Lakukan Saat Ramadan

Apakah latihan dan pelajaran itu hanya untuk orang dewasa saja? Oh, tentu tidak ya. Justru anak-anak yang baru mulai berpuasa akan berlatih lebih dari itu. Seperti anak saya, selain yang saya sebutkan di atas, mereka juga berlatih untuk tertib dalam hal sholat dan ibadah lainnya.

Tentang pelajaran yang bisa kita ambil saat puasa, klik di sini ya.

Bagi mereka, puasa itu akan mengajarkan puasa pentingnya makanan dan memberi asupan pada tubuh saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, mereka akan menggunakan waktu yang diberikan untuk bisa memasukkan makanan ke tubuh agar tetap fit sepanjang hari.

Baca ini juga ya 🙂

Ternyata, Ini Toh Ayat dan Haditsnya

Bagi anak, puasa mengajarkan sholat agar tepat waktu dan berjamaah. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dan merasakan menyenangkan saat berkumpul bersama.

Puasa bagi anak-anak akan mengajarkan untuk berbagi atau sedekah kepada yang membutuhkan. Mereka akan bersyukur karena masih diberi kecukupan rezeki dan menyadari bahwa di sekitar banyak orang yang membutuhkan.

Puasa bagi anak-anak mengajarkan diri mereka untuk rutin tilawah quran atau iqro. Dengan begitu, mereka akan berlatih tanggung jawab pada bacaan yang telah mereka lalui dan bertekad untuk melanjutkannya terus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN