Mohon tunggu...
Meliana Aryuni
Meliana Aryuni Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Mampir ke blog saya melianaaryuni.web.id atau https://melianaaryuni.wordpress.com dengan label 'Pribadi untuk Semua' 🤗

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Entertainer 2021: Si Petokkah Itu?

13 Januari 2021   06:31 Diperbarui: 13 Januari 2021   06:51 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diambil dari pexel.com

Nah, tema ini yang buat nyali saya ciut. Bicara tentang dunia hiburan, saya angkat tangan, kaki deh. Jungkir balik pula? Oh, tidak lah yah. Jangan, emak ini  nggak akan kuat untuk melakukannya. Tulangnya sudah pada linu-linu. Serius, saya tidak begitu paham karena tontonan di rumah adalah film kartun anak-anak saja.

Sebelum ketak-ketik, saya cek di kamus arti kata entertainer. Entertainer artinya penghibur. Lah, langsung saja pikiran saya jalan. Bagi saya khususnya, kata penghibur identik dengan adalah salah satu hal yang membuat orang lain terhibur (tertawa atau sekedar melepaskan kepenatan dari rutinitas) karenanya. Subjeknya bisa saja manusia dan bisa saja benda atau tontonan. Iya kan? 

Nah, karena itulah muncul ide untuk menceritakan singkat perihal judul saya. Kalau ditanya film kartun apa yang viral dan menghibur di rumah, itu saya tahu. Petok si Ayam Kampung. Ada yang belum tahukah dengan kartun ini? Saya pikir film kartun buatan pemuda tanah air tidak kalah keren dengan buatan negara tetangga. Seingat saya, Petok si ayam mulai menghiasi sore hari di rumah kami mulai akhir tahun. Benar nggak ya?

Entertainer 2021, bisa jadi Petok akan menjadi salah satunya. Awalnya melihat tampilan si Petok bagi saya biasa saja dan terkesan norak. Ya, kartunnya full gambar. Suara yang ditampilkan juga sedikit sekali. Ada sih tulisan sebelum adegan dimulai, tetapi sedikit juga. Para penonton mesti lihai dan cepat memahami maksud cerita.

Terus apakah anak saya dan emaknya ini mengerti alur cerita si Petok? Tentu saja. Masa' sih kami nggak ngerti padahal kadang saya dengar mereka ngakak bareng di depan tv. Sambil duduk di dekat mereka, saya pun bertanya. Mereka menjawab serempak bahwa mereka mengerti maksud cerita itu. Ya, iyalah, masa' tertawa tanpa ada yang lucu. Setelah saya lihat, ya ada kekonyolan di dalam ceritanya.

Penulis, sutradara, dan kru yang bertugas di dalam pembuatan kartun Petok ini begitu pandai. Lihatlah, mereka bisa meramu gambar bergerak tanpa suara sehingga mudah dipahami, termasuk anak-anak.

Namun, sebagai orang tua kita harus mendampingi anak saat mereka menonton kartun ya. Karena ada beberapa hal yang harus kita jelaskan dalam adegannya. 

Misalnya, sikap pak Bambang kepada peliharaannya. Si Petok terlihat lebih pintar dibandingkan manusia. Yang penasaran, cari tahu saja ya filmnya. Nanti bisa cerita keseruannya dengan anak saya. Bakal rame deh nantinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun