Mohon tunggu...
mela agustia
mela agustia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Physics Teacher, Science Teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menilik Sistem Pendidikan Negara Tetangga, Singapura

15 September 2022   16:01 Diperbarui: 15 September 2022   16:26 183 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Singapura (sumber: pinterest/Where Would You Go)

Oleh : Vera Yulanda, Mela Agustia, Zulpar, Nurpaizah, Riki Hardiansyah

Singapura merupakan negara kecil yang berada dekat dengan Indonesia. Namun demikian, sistem pendidikan di Singapura bisa dibilang berhasil dan patut diacungi jempol. 

Berdasarkan survei PISA singapura menduduki peringkat teratas menjadikan singapura salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan Singapura mencuri perhatian dunia karena dianggap memiliki model pembelajaran terbaik secara global. Seperti di negara besar lain, Singapura menganggap pendidikan adalah masa depan dari suatu negara untuk mencapai cita-cita mereka. 

Oleh karena itu Singapura memang sangat memperhatikan bidang pendidikan ini. Mereka sangat fokus dalam pengembangan pendidikan dari jenjang pra sekolah hingga perguruan tinggi. Untuk mengenal sistem pendidikan di Singapura coba kita lihat ulasan berikut.

Misi Singapura di dunia Pendidikan hanya satu yaitu bagaimana kurikulum  selaras dapat disampaikan kepada setiap sekolah oleh guru-guru dengan kualitas tinggi. Oleh sebab itu pemerintah singapura selalu melakukan evaluasi para pendidiknya. 

Pemerintah mengadakan pelatihan mutu untuk meningkatkan kualitas guru-guru mereka. Selain dengan melakukan evaluasi dan pelatihan bagi para pendidik salah satu factor sukses mereka bisa mencetak guru-guru yang berkualitas karena adanya komunikasi yang kuat antara kementerian Pendidikan dan sekolah dalam mendesain kegiatan praktik megajar yang efektif untuk calon guru. 

Pemerintah Singapura juga sangat memperhatikan kesejahteraan guru dengan menjadikan gaji guru sebagai prioritas sebagai penunjang guru gar lebih berkualitas. Pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari pengajar yang berkualitas, maka dari itu  pemerintah menyadari arti penting komponen yang terlibat dan ikut berpengaruh secara holistic terutama kualitas seorang pendidik.

Pendidikan merupakan faktor penting dalam mennentukan keberhasilan siswa, meningkatnya kuaitas pendidik tidak bisa berdiri sendiri harus ada keterlibatan dan kerjasama antara orngtua dan guru selama proses Pendidikan berlangsung. 

Beberapa bentuk keterlibatan orang tua dalam Pendidikan anak disekolah antara lain: 1). Persatuan orangtua murid dan guru, 2). Komite sekolah, 3). Partisipasi orangtua dalam event  yang diselenggarakan disekolah, 4). dan partisipasi orangtua daam penyedian sarana sekolah. 

Faktor lingkungan keluarga juga menjadi pengaruh penting, hal ini karena perlu adanya pantauan orangtua terhadap perkembangan anak. Orang tua merupakan merupakan sarana utama pendidik keluarga dan tempat belajar memahami materi kembali kedua setelah sekolah, setelah belajar disekolah anak juga harus dipantau dan diarahkn oleh orangtuanya dirumah. Orang tua di Singapura mempercayakan bahwa penidikan anaknya  dapat diataur oleh pemerintah atau sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan