Mohon tunggu...
Meivita Nafitri
Meivita Nafitri Mohon Tunggu... Forester UGM - Marketing Communication

Lulusan fakultas kehutanan yang kini terjun dan betah di dunia marketing komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Yuk, Bikin The Next Startup Unicorn

5 November 2019   11:18 Diperbarui: 5 November 2019   11:27 49 0 0 Mohon Tunggu...
Yuk, Bikin The Next Startup Unicorn
dokpri

Pertumbuhan Startup di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan sejak tahun 2010. Hal ini dilihat dari banyaknya bisnis baru yang melesat dalam hitungan tahun seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan Ovo yang sudah mencapai valuasi dari mulai dari 14 triliun hingga 163 triliun.

Di masa sekarang sekarang, membangun startup bukan menjadi sesuatu yang mustahil. Ilmu mengenai membuat startup kini sudah lebih mudah di akses, salah satunya melalui Startup Weekend. Sejak tahun 2009, Startup Weekend yang digagas Techstars sebagai akselerator tingkat dunia, telah diadakan di lebih dari 160 negara dan 1805 kota dengan akumulasi peserta sebanyak 400.000 orang. Di Indonesia, Startup Weekend mulai diadakan pada bulan Mei 2019. Hingga saat ini, Startup Weekend Indonesia telah diadakan di 12 kota besar seperti Jakarta, BSD, Bandung, Yogyakarta, Bali, Malang, Surabaya, Semarang, Batam, Palembang, Pekanbaru dan Manado.

Dalam Startup Weekend, 4 point yang menjadi fokus utama adalah Connect : membuat network dengan orang-orang baru dari berbagai bidang. Discover : peserta akan menemukan posisinya dalam dunia bisnis dan mendapatkan sumber daya untuk bersama-sama memulai startup. Learn : peserta akan belajar bagaimana seharusnya memulai membuat perusahaan. Start : inti dari acara ini adalah untuk membuat para peserta untuk take action memulai membangun startup dengan cepat

Yogyakarta sebagai tempat berkembangnya startup yang cukup signifikan menjadi tujuan baru untuk mengadakan Startup Weekend ketiga kalinya. Techstars yang bekerja sama dengan Kumpul Coworking Space, kali ini menggandeng G45 Space untuk bersama-sama mengadakan Startup Weekend Yogyakarta. Bertempat di G45 Space, Startup Weekend Yogyakarta akan diadakan pada tanggal 15-17 November 2019.

Didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Google for Startup, Startup Weekend Yogyakarta akan menjadi tempat untuk belajar membentuk startup baru.

Acara startup weekend ini dapat diikuti oleh para hacker (programmer), hipster (desainer), dan hustler (pebisnis) atau siapapun yang memiliki ketertarikan di dunia startup. Dalam waktu 54 jam, dari jumat malam hingga minggu para peserta akan di pertemukan untuk saling berkenalan, pitching ide startup terbaik kemudian membentuk tim.

Di hari selanjutnya, para peserta akan dibimbing mentor terbaik untuk mengikuti workshop mulai dari menvalidasi market, model bisnis hingga cara untuk pitching. Startup weekend selalu menghadirkan pembicara dan mentor terbaik untuk membantu para peserta menganai problem yang mereka hadapi dalam pembuatan startup. Puncak acara terjadi saat hari ketiga, ketika para peserta mempresentasikan startup mereka di hadapan para judges.

Di dunia startup yang serba dinamis dan cepat berubah, kecepatan dan ketepatan pengembangan bisnis akan menjadi kunci realibilitas startup. Melalui Startup Weekend inilah para peserta juga belajar bagaimana melakukan hal tersebut melalui pengalaman para mentor dalam menjalanankan bisnisnya. Informasi dan pendaftaran Startup Weekend Yogyakarta dapat diakses melalui website Startup Weekend Yogyakarta dan instagram. Dapatkan kesempatan terbaik untuk memulai startup.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x