Mohon tunggu...
Meisya cindy stevani
Meisya cindy stevani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universita Palangka Raya

hobi saya modern dance, menulis, dan menonton Drama televisi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Pasar Oligopoli dan Monopolistik? Pengertian, Jenis, Kurva, Kelebihan, dan Kelemahan Beserta Contoh

27 November 2022   19:52 Diperbarui: 27 November 2022   20:00 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A.P asar Oligopoli

Istilah Oligopoli diambil dari kata oli yang artinya beberapa, dan poli yang artinya produsen maka oligopoli adalah beberapa barang yang di hasilkan oleh produsan.   Pasar oligopoli adalah pasar yang di kuasai oleh beberapa perusahaan dan antara produsen dengan perusahaan saling melakukan hubungan kerja sama, pasar oligopoli ini pada umumnya lebih banyak pembeli ( konsumen ) dari pada penjualnya ( produsen ) dan oleh sebab itu dalam prosesnya pasar oligopoli ini tergolong ke dalam pasar persaingan tidak sempurna.

Ciri - ciri pasar Oligopoli

  • Terdapat banyak pembeli di pasar
  • Hanya ada beberapa penjual
  • Produknya bias bersifat homogen, dan bias juga berbeda. Namun itu semua harus memenuhi standar tertentu.
  • Sulit untuk masuk ke dalam pasar
  • Penggunaan iklan sangat instensif
  • Pengambilan keputusan antar perusahaan sangat mempengaruhi missal : satu penjual menurunkan harga atau discound, maka penjual lain akan melakukan reaksi ya itu melakukan hal yang sama dengan menurunkan harga jual mereka juga baik menurunkan dengan harga yang sama maupun lebih, karena maereka tidak ingin kehilangan konsumen mereka.

Kurva dari pasar oligopoli

Akibat dari aksi -- reaksi antar perusahaan maka bentuk kurva permintaan yang dihadapi oligopoli adalah patah ( kinked demand curve )

 

    Jika perusahaan menurunkan harga ( memberi discound )  dari P1 ke P2, perusahaan hanya akan memperoleh tambahan permintaan sedikit sekali ( Q1 -- Q2 ). Hal dini karena kebijakan menurunkan harga akan segera diikuti oleh perusahaan - perusahaan lainya.

   Misalnya : Pak Tono membuka sebua Usaha toko Elektronik jual beli handpone merk A,B,C kemudian mrnurunkan harga dan memberikan potongan otomatis para konsumen dari toko lain akan datang ke toko pak tono untuk membeli handpone , namun pembeli yang datang tidak akan dating sebanyak yang diharapkan oleh pak tono dikarenakan toko lain akan melakukan apa yang dilakukan oleh pak Tono ( menurunkan Harga  / discound ).

    Itulah mengapa tambahan permintaan ( demand )  itu sedikit dan kurvanya berbentuk patah dan sebaliknya apabila perusahaan menaikan harga ( Q3 ) perusahaan akan kehilangan permintaan ( demand ) yang sangat banyak sebab hal tersebut tidak diikuti oleh perusahaan lain ( Q1 -- Q3 )

  

Contoh pasar oligopoli

  • Perusahaan / toko penjual rokok
  • Dialer / industri sepeda motor
  • Perusahaan / toko handpone
  • Industri semen
  • Operator telekomunikasi
  • Toko elektronik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun