Mohon tunggu...
Anik Meilinda
Anik Meilinda Mohon Tunggu... Penikmat air putih

Hamba Allah yang ingin bermanfaat bagi semesta.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Gunung Si Kendil, Jalan Pintas Menikmati Keindahan Gunung Sindoro

1 Januari 2021   23:07 Diperbarui: 1 Januari 2021   23:08 191 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gunung Si Kendil, Jalan Pintas Menikmati Keindahan Gunung Sindoro
Doc. Pribadi

Pandemi covid-19 telah berlangsung sekian bulan. Dampaknya pun di segala bidang, termasuk wisata. Namun, pandemi ini mengajarkan kita untuk pandai bermanuver seciamik mungkin demi bertahan hidup dan menciptakan kebahagiaan.

Alhamdulillah-nya  sejak adanya keputusan normal baru, beberapa destinasi wisata mulai membuka gerbang dan mengelap properti yang berdebu setelah sekian purnama tidak tersentuh. Wisata yang paling awal menyambutnya adalah wisata alam, termasuk Gunung Si Kendil. Gunung Si Kendil sudah membuka pendakian sejak pemerintah mengijinkan di pertengahan Juni tahun lalu.

Gunung ini memiliki ketinggian1800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jarak tempuh dari kota Temanggung hanya 1 jam. Jalan menuju basecamp-nya juga sudah beraspal semua. Perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan umum ataupun pribadi.

Sebelum mendaki, kamu hanya perlu mendaftar dan membayar Rp10.000,-. O iya, karena ini masa-masa normal baru, ketika sampai di sana kamu akan dicek suhu badan juga.

Gunung Si Kendil yang bersahabat bagi pemula 

Selain letaknya yang mudah dijangkau. Jarak basecamp via Sibajag sampai puncak pun cukup singkat. Bagi pemula, gunung ini adalah pilihan yang tepat. Dengan kurang lebih 1 jam mendaki, kamu bisa menikmati kegagahan Gunung Sindoro dan misteriusnya Gunung Buthak dari sana. Apalagi kalau kamu beruntung dan dibertemukan dengan matahari terbit. Kamu akan mendapati kuning telur berada di antara 4 gunung di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran.

Selain jarak tempuh yang relatif pendek, kondisi jalur pendakian juga sudah jelas dan lebar. Sehingga, pendaki tidak akan tersesat dan kehilangan arah. Perjalanan juga dimudahkan dengan tali pegangan di setiap tanjakan terjal. Tanjakan terjalnya tidak banyak, hanya berada sebelum puncak. Hanya dibutuhkan kehati-hatian dan pegangan yang kuat di tali agar tidak terjatuh saat naik atau turun melewatinya.

Di sepanjang jalan, kamu akan  menemui beberapa pralon warga untuk menyalurkan air. Beberapa pralon ada yang bocor sehingga membuat beberapa titik jalur pendakian menjadi basah dan becek. Jangan khawatir, kamu hanya perlu pelan-pelan ketika melewatinya. Tapi, ada hikmahnya juga, di bocoran pralon itu pendaki bisa mengisi ulang air minum. Airnya pun sangat segar dan jernih.

Mengagumi Kegagahan Gunung Sindoro

Gunung Sindoro yang berketinggian 3.153 mdpl, terletak tepat di sisi selatan Gunung Si Kendil. Meski ketinggiannya kalah dari Gunung Sindoro tidak berarti keindahan panorama Gunung Si Kendil mau kalah. Justru, Gunung Sindoro menjadi landscape ciamik yang bisa dinikmati dari Puncak Si Kendil. Dari sini, lekukan bekas aliran sungai raksasa terlihat jelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN