Mohon tunggu...
Meike Imelda Wachyu
Meike Imelda Wachyu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

19 Februari 2023   21:47 Diperbarui: 19 Februari 2023   22:13 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Meike Imelda Wachyu, M.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 6

Tujuan Pembelajaran Khusus dari kegiatan Demonstasi kontekstual yakni :
CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.

  1. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  3. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Dalam menganalisis video yang ada di link https://youtu.be/YMflitCt1yI tentang pemanfaatan aset dengan BAGJA. Saya  kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.

CGP di pandu dengan menggunakan pertanyaan - pertanyaan di bawah ini untuk membantu menganalisis video.

  • Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
  • Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
  • Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  • Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

    1. B
    2. A
    3. G
    4. J
    5. A
  • Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
  • Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya


Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi adalah  : Menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan dan pembelajaran yang aktif,  kreatif, efektif, dan gembira.

  • Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan yang dilakukan guru tersebut adalah mewujudkan lingkungan belajar / kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

  • Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan  untuk belajar?

  • Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

 B : Buat pertanyaan

Bagaimana cara meningkatkan semangat belajar peserta didik?

  • Guru berdiskusi dengan rekan guru lain dan kepala sekolah
  • Bagimana mewujudkan kelas yang nyaman dan dan menyenangkan
  •  Dengan membuat pertanyaan pematik kepada siswa tentang kelas yang   
  •  nyaman dan menyenangkan bagi kepada peserta didik berupa membuat pertanyaan  "Penyemangat Belajar".

 

                               A : Ambil Pelajaran (DISCOVER)

                                  Pertanyaan : Kelas mana di sekolahnya yang sudah berhasil membuat  

                                  kelas nyaman dan  menyenangkan?

                                  Mencari contoh langsung kelas yang sudah nyaman dan menyenangkan untuk  

                                 di observasi dan dikunjungi.

                          

                                G : Gali Mimpi (DREAM)

                                Pertanyaan :  Apakah yang dibayangkan  murid tentang kelas yang nyaman  dan  menyenangkan?

                               Tindakan :

                                   *  Meminta murid membayangkan dengan memejamkan mata  tentang kelas  yang  nyaman dan menyenangkan.

                                     * Meminta  siswa untuk mengemukakan pendapat mengambarkan kelas  yang  nyaman dan menyenangkan.

                                    * Siswa mempresentasikan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan yang  dapat meningkatkan semangat   

                                         belajar dan guru mencatat seperti apa kelas  nyaman dan menyenangkan yang di inginkan ereka.

 

                                     J: Jabarkan Rencana (DESIGN)

Pertanyaan : Apa yang harus dilakukan untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian dan berapa lama untuk mencapainya?

Tindakan : Berdiskusi dengan cara membuat kelompok dan menulis apa saja yang ingin dicapai tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian murid.

 Pertanyaan : Apa yang akan dilakukan untuk mewujudkan kelas impian sesuai keinginan murid?

 Guru membagi murid dalam beberapa kelompok dan memberikan tugas untuk masing -- masing kelompok untuk membuat  yang nyaman dan menyenangkan

 

A : Atur Eksekusi (DELIVER)

Pertanyaan      : Kapan waktu untuk memulai pelaksanaan dan siapa yang dilibatkan dalam terciptanya kelas yang nyaman dan menyenangkan?

Tindakan :

Mengeksekusi Tindakan dengan  membuat 4 kelompok berkenaan dengan tugas yan dibutuhkan yakni membersihkan kelas, membuat hiasan dinding, menyusun bangku dan buku juga memasang hiasan pada dinding dilanjutkan dengan memberikan semangat dan motivasi oleh guru.

 Pertanyaan : Siapa yang memantau dan mendampingi terwujudnya kelas yang nyaman dan menyenangkan?

 Guru melakukan pendampingan terkait kendala yang ditemui dan apresiasi kepada siswa setelah membuat ruang kelas menjadi nyaman dan menyenangkan.

 

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Peran pemimpin yang dalam hal ini adalah guru hendaknya menerapkan dan berfikir  pendekatan berbasis aset karena guru fokus memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh kelas. Guru memimpikan kesusksesan yang akan diraih di masa depan

Seorang pemimpin pembelajaran yang memanfaatkan aset akan dapat memberdayakan anak-anak di kelasnya sebagai aset manusia atau SDM, memberdayakan kekayaan sosial yang ada di kelas, kekayaan sarana-prasarana yang ada di sekolah untuk kepentingan pembelajaran agar lebih kreatif untuk melahirkan pembelajaran yang lebih menarik. Untuk itu penting bagi seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran mampu berinovasi dan menggerakkan sumber daya yang dimiliki demi kepentingan peningkatan kualitas pembelajaran. Sehingga mampu mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti yang di impikan oleh guru dan murid

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Modal Utama

  • Modal Manusia

 Guru yang kreatif berjiwa pemimpin serta berfihak pada peserta didik.kolaborasi guru dan murid yang mandiri dan kreatif dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.

 

  • Modal Sosial

 Kolaboratif, keharmonisan, saling percaya, tujuan dan cita -cita yang sama. Hubungan baik dengan rekan sejawat dan murid sehingga bisa mewujudkan tujuan bersama.

 

  • Modal Fisik

 Ruang kelas, sarana prasarana (meja,kursi,papan tulis,hiasan dinding,  yang mendukung untuk diubah dibuat menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

  • Modal Lingkungan/ Alam

 Sumber daya dan bahan -- bahan yang berasal dari alam. Kegiatan menghias kelas/ mendekor dari hasil kreasi murid ditempel di dinding.

 

  • Modal Finansial

 Pendanaan dari sekolah, sumbangsih wali murid dan guru, ketersediaan peralatan dan bahan yang diperlukan untuk menghias kelas sehingga mampu mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun