Mohon tunggu...
Meidy Maulidiya
Meidy Maulidiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Problematika Pembelajaran Pasca Pandemi di Indonesia

18 Desember 2022   23:15 Diperbarui: 18 Desember 2022   23:17 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Meidy Maulidiya (11220130000010)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh tatanan kehidupan manusia, khususnya di dunia Pendidikan. Hal ini membutuhkan pelatihan untuk dapat berubah dan beradaptasi dengan cepat  untuk  melanjutkan belajar. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memeriksa implikasinya hasil dari kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pendidikan pasca pandemi di era New Normal ini. Artikel ini ditulis dengan meninjau artikel Online, buku, dan referensi yang terkait dengan  kebijakan mengenai pembelajaran pasca pandemi.

PENDAHULUAN

Pandemi Covid-19 mengambil banyak hal dan kemudian membentuk  tatanan baru Pandemi ini juga seperti memberi perubahan baru jalan baru Kehidupan. Hal Ini dapat merubah kehidupan dalam  waktu singkat Tuntutan peralihan ini yang menyentuh bidang kehidupan yang begitu luas Pendidikan juga tidak lepas dari aliran-aliran tersebut. Dengan pasca pandemi ini kita harus penjaga kesinambungan dan ketertiban mendengarkan aturan  pemerintah terkait protokol kesehatan di pasca pandemi. Dalam hal ini Indonesia memiliki kebijakan hanya mengadakan pertemuan tatap muka secara sebagian di sekolah-sekolah, karena merupakan langkah penyelamatan pendidikan dari  bahaya virus di Indonesia.

PEMBAHASAN

Pasca pandemi Covid-19, pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling ter-dampak di seluruh dunia. Proses belajar mengajar tatap muka yang tentu saja harus di batasi, berapa banyak kerugian pelajaran, yaitu dengan hilangnya keterampilan dan pengalaman belajar siswa. Sistem pendidikan nasional terganggu oleh pandemi Covid-19. Pembelajaran yang dulunya siswa harus datang ke sekolah kini telah dibatasi sebagian ada yang belajar secara langsung dan ada juga yang belajar secara daring. Jika tidak segera diatasi, learning loss ini akan mempengaruhi kualitas pendidikan secara keseluruhan di berbagai wilayah di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia memberikan dampak besar bagi kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

Terlihat bahwa dengan adanya pandemi Covid-19, sistem pendidikan  Indonesia menegaskan harus cepat menerima perubahan tersebut. Jika guru dan siswa tidak cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut, pasti siswa akan tertinggal, materi pembelajaran tidak akan diterima dengan baik, dan hasil belajar siswa akan menurun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun