Mohon tunggu...
Mega Lugita
Mega Lugita Mohon Tunggu... Mahasiswa - ARTIKEL DAN OPINI

Artikel adalah suatu karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Pengajian Ibu-ibu Lansia di Desa Darmo

1 Oktober 2022   15:26 Diperbarui: 1 Oktober 2022   20:36 174 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan kegamaan pada usia lansia menjadi hal yang harus menjadi perhatian. Lansia banyak melakukan kegiatan keagamaan sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lansia lebih memilih melakukan kegiatan bermanfaat dalam bidang keagamaan di usia nya yang sudah tua seperti mengikuti pengajian. 

Di desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim terdapat kegiatan religius untuk yang beragama islam bagi ibu-ibu lansia yaitu Pengajian Majlis Ta'lim Al-Ma'ruf Desa Darmo. Pengajian rutin ini di laksanakan sebanyak 2 kali dalam waktu seminggu yaitu di hari selasa dan jum'at di Musholla Desa Darmo.

Dalam pengajian bidang keagamaan ini di bimbing langsung oleh Ustad Uding selaku pemuka agama di Desa Darmo yang membimbing, mengajarkan, dan mengarahkan ibu-ibu lansia yang mengikuti kegiatan tersebut. Di dalam Pengajian Majlis Ta'lim ini ibu-ibu lansia cukup antusias untuk mengikuti kegiatan ini dimana kegiatannya dimulai dengan doa, tausiah/ceramah dan mengaji. Rata-rata usia ibu-ibu lansia yang mengikuti kegiatan pengajian Majlis Ta'lim Al-Ma'ruf Desa Darmo adalah sekitar 50 s/d 70 tahun-an.

Lansia harus terus dibimbing dalam bidang keagamaan, karena semakin bertambahnya usia mereka harus paham akan makna penting kehidupan selanjutnya di akhirat salah satunya dengan kegiatan pengajian ibu-ibu lansia Majlis Ta'lim Al-Ma'ruf Desa Darmo. 

Melalui kegiatan keagamaan ini juga lansia dapat melakukan kegiatan yang dapat membuat mereka merasa tidak jenuh karena dirumah saja, mereka juga dapat bertemu dan berbagi cerita dengan ibu-ibu lansia yang lain, selain itu juga dapat membuat mereka dekat dengan agama sebagai bagian untuk bekal mereka ketika meninggal dunia nanti dan yang pastinya dapat aktif mengikuti kegiatan positif seperti ini di usia nya yang sudah tidak muda lagi. Dapat di ambil kesimpulan bahwasannya dari kegiatan keagamaan ini bertujuan agar lansia ibu-ibu lebih mendekatkan diri kepada Allah dan lebih siap menghadapi kehidupan selanjutnya, sehingga dari kegiatan ini juga diharapkan adanya amal kebaikan yang diterima Allah SWT.

Author 

1. Dr. Azizah Husin, M.Pd

2. Yanti Karmila Nengsih, S.Pd., M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan