Mohon tunggu...
Medina Putri
Medina Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Mahasiswa Iain jember

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pragmatisme dan Tokoh-tokohnya

7 Juni 2020   17:30 Diperbarui: 7 Juni 2020   17:32 6 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb.....

Dalam kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang filsafat pendidikan pragmatisme dan tokoh-tokohnya. Yang pertama adalah pengertian filsafat pragmatisme dan dilanjutkanan dengan tokoh-tokoh filsafat pragmatisme. 

Pengertian pragmatisme

          Pragmatisme berasal dari bahasa yunani yaitu "pragma" yang berarti sebuah perbuatan atau tindakan seseorang, dan "isme" yang berarti ajaran atau aliran. Jadi pragmatisme adalah ajaran yang menekan bahwa pemikiran itu mengikuti sebuah tindakan seseorang. 

           Secara keseluruhan pragmatisme adalah aliran dalam filasafat yang berpandangan bahwa kebenaran sesuatu itu memiliki kegunaan bagi kehidupan yang nyata. Oleh sebab itu kebenaran sifatnya menjadi relatif tidak mutlak. 

Tokoh Filsafat PragmatismeIa 

1. Charles S.Pierce 

            Beliau lahir pada tahun 1839 dan wafat pada tahun 1914. Ia merupakan pencetus dan pendiri filsafat pragmatisme. Berdasarkan tulisan yang berjudul " how to meet all english club" beliau menganggap bahwa pragmatisme berdiri tahun 1878. 

        Salah satu sumbangan yang cukup penting untuk filsafat pragmatisme adalah Teori Arti, dia membentuk teori-teori modern tentang arti dengan mengusulkan suatu teknik dalam menjelaskan pikiran. Pierce membagi kebenaran menjadi 2 yaitu kebenaran transendental (kebenaran yang menetap pada benda itu sendiri), dan kebenran kompleks (kebenaran dari pernyataan-pernyataan). 

           Pada kebenaran komples terbagi lagi menjadi 2 kebenaran Etis (keselarasan pernyataan dengan apa yang diimani ), dan kebenaran Logis (keselarasan pernyataan dengan realitas yang di definisikan). 

2. William James

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN