Mohon tunggu...
Mutiara Me
Mutiara Me Mohon Tunggu... saya

Belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Kenali Bus Kuning Dari dan Menuju Praha

20 Juli 2016   01:58 Diperbarui: 20 Juli 2016   09:55 200 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Bus Kuning Dari dan Menuju Praha
Gratis cokelat hangat sambil nonton Sponge Bob the Movie dan menikmati pemandangan terbentang.

Praha, mungkin sebagian besar dari kita sering mendengar kata ini. Meskipun lucunya, banyak yang mengira ini merek tas ternama. Bukan...ini Praha, bukan Prada. Praha atau Prague adalah ibukota Negara Republik Ceko. Kota ini terkenal dengan keindahan dan eksotisme bangunan-bangunannya. Jika anda berencana bepergian ke Eropa dan mengunjungi Praha salah satunya, berikut ini adalah tips dan testimoni menggunakan salah satu alat transportasi yang nyaman dan murah, yaitu bus kuning. Bus ini berwarna kuning dan bernama Studentagency bus. Meskipun namanya ada kata 'student' nya namun bus ini untuk umum alias siapa saja. Bus ini istimewa lho:

1. Tiket

Pertama tiket bisa dipesan online dan dihold selama 2 jam. Refund dengan biaya 10% dapat dilakukan hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Saat booking online, kita bisa sekaligus memilih kursi.

2. Kursi, Toilet, Entertainment

Kursinya bagus dan nyaman. Ada foot rest juga. Selain itu ada monitor yang berisi film, TV, games dsb. Seperti di pesawat. Headphone juga disediakan. Saran saya pilihlah kursi di kolom kiri jika ingin lihat pemandangan. Kenapa? karena sopir berada di sebelah kiri, dan kendaraan berada di jalur kanan, maka dengan memilih di bagian kiri kita bisa melihat pemandangan dengan perspektif lebih luas. Tapi jika malam hari, mungkin lebih baik di sebelah kanan sehingga tidak terkena sorot lampu mobil dari arah berlawanan.

Selain itu pilihlah kursi dekat pintu tengah, atau tidak terlalu depan dan belakang. Kenapa? Karena bus ini keluar masuknya lewat pintu tengah ini, bukan pintu depan. Jadi mudah untuk kita mengakses tempat duduk, selain itu di bagian samping tangga bawah pada bus ini ada toilet. Bus ini ada toiletnya namun lokasinya sangat tidak terduga, lain dengan toilet di bus di Indonesia. Jika kita duduk dekat atau di sekitar tangga tersebut, jika ingin ke toilet jadi mudah, dan kita tahu apa toilet sudah kosong. Tenang, toiletnya ga bau dan umumnya bersih, selain itu letaknya di bagian bawah bus, tidak sejajar. 

3. Pramugari/pramugara Bus, Koran, Minuman Hangat

Iya ada bus attendant nya satu orang, dan rata-rata mereka cantik dan ganteng. Selain itu mereka sangat attentive. Saat bus akan berangkat kita diingatkan memakai sabuk pengaman, dicek juga ke kursi-kursi. Mereka selalu tersenyum ramah. Lalu mereka membagikan headphone. Tidak berapa lama kemudian, minuman hangat disediakan gratis, kita bisa memilih, dari teh, kopi, capuccino, cokelat panas, dll. Setelah minuman disajikan lalu mereka berkeliling lagi mengambil gelas-gelas kosong. 

Selain minuman itu mereka juga menjual minuman dingin dan snack. Tak lama, koran pun datang, jika ada yang ingin membaca koran, semuanya disediakan gratis, namun sayangnya hanya koran Ceko. Saat akan datang pramugara/i inipun menawarkan kembali minuman hangat.

4. Bagasi

Setiap penumpang mempunyai jatah bagasi 1 koper yang tidak boleh lebih dari 30 kg. Selain itu kita bisa membawa backpack atau tas jinjing ke dalam bus. Sopir akan membantu menaikkan barang dan melabeli setiap koper seperti saat kita akan cek in ke pesawat. Untuk mengambil koper, kita juga harus menunjukkan bukti nomer labelnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN