Mohon tunggu...
Pena kreatif heandly moreno
Pena kreatif heandly moreno Mohon Tunggu... Heandly mangkali

Menulis adalah hidupku

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Penting Mana, Ketua DPRD Morut Berkualitas atau Paket Data 10 Ribu?

24 Agustus 2019   06:30 Diperbarui: 24 Agustus 2019   06:33 0 1 1 Mohon Tunggu...
Penting Mana, Ketua DPRD Morut Berkualitas atau Paket Data 10 Ribu?
Sumber foto : fb Hendly Mangkali tomaringku

Ketua DPRD Morowali Utara yang berkualitas !!atau paket data 10 ribu rupiah yang bicara.?
Ketua komunitas penulis kreatif  sulawesi tengah dan millenial berpendapat..

Lembaga wakil rakyat adalah lembaga yang sangat terhormat,  yang harus dipimpin oleh seorang yang memiliki standar dapat disebut pemimpin yang terhormat.
 
Menurut kami millenial,  Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD)  Kab. Morowali Utara harus punya kemampuan komunikasi yang baik,  pengetahuan yang baik,  kualitas  berbicara yang bisa memberikan edukasi politik yang baik bagi millenial.

Salah satu yang harus dipertimbangkan partai golkar dalam menentukan ketua DPRD Morowali Utara adalah sensitifitas politik,  seorang calon ketua dewan yang diharapkan memimpin lembaga.

Bagaimana mengujinya,???
agar ketahuan kemampuan komunikasi dan standar berbicara, yang dianggap layak. Tentu golkar perlu memikirkan dilakukan uji publik..

Kami millenial morowali utara berharap, uji publik dilakukan sifatnya, tema tiba-tiba,  dan tanpa  ada konsep materi yang disiapkan.  Tentu ini masukan yang perlu dipertimbangkan,, atau hanya mau mendengar para pembisik??

Apakah kemudian uji kelayakan itu secara terbuka atau tertutup,  itu adalah kewenangan partai.  Kami millenial hanya ingin melihat kemampuan calon ketua DPRD Morowali Utara yang akan memimpin lembaga yang terhormat, karna kami millenial, yg ingin punya edukasi politik.

Apa bisa millenial yg menguji??
Uji publik paling efektif dilakukan, andai kami millenial yang mengujinya.. Maka sederhana bagi kami,  sangat sederhana sekali. Dan ini bisa jadi patokan dalam memimpin yang berkualitas.  

Tehnisnya seperti ini,  Kami akan minta calon ketua DPRD yang 4 orang tadi berdiri,  dan silahkan paparkan penjelasan masing masing tanpa konsep,  tanpa memegang leptop, tanpa pegang hp android. Contoh...

Pemahamannya tentang isue,  danau tiu misalkan,??
Tentang bagaimana konsep efisiensi anggaran dalam mengelolah APBD Morut yang minim..??
Tentang bagaimana infrastruktur ke desa salubiro??

Materi tiba-tiba semua,, jangan kasih waktu mempersiapkan.

Yang tidak perlu bagi kami,  dan cukup jadi lampiran penunjang adalah visi dan misi. Dari 4 calon tidak perlu ditanyakan,  pasti semua visi misinya baik.
Untuk apa visi misi,,??
Kami millenial tidak butuh visi misi yang sempurna,,
INGAT... Visi misi ketua DPRD yang paling terbaik di indonesia tidak mahal,  cuma dengan paket data 10k saja,  kasih aktif data,  download semua ada di google dan lengkap,  mau yang model bagaimana ada.

Salahkah cara kami bersuara..??
Punya kepentingankah kami..??
Rasisme kah kami..??
Kamipun berhak bersuara,, kami bukan komunitas yang akan jadi alat politik..!!!
Dari 4 calon yang jadi kandidat,  kami menilai,  


* Yaristan Palesa,  SH
* Hj. Megawati Ambo Asa,  S. IP


Sudah punya sensitifitas politik. Ini mungkin hanya sebuah pemikiran konyol, jika yang membaca adalah mereka yang mengejar kursi itu dengan berbagai macam strategi.
Mendapatkan Ketua DPRD yang baik, bukan dari konsep tulisan visi misi yang baik..