Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Kuah Kolak Buat Buka Puasa, Sajian Sederhana tapi Sangat Istimewa

26 April 2021   07:34 Diperbarui: 26 April 2021   07:42 499 28 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuah Kolak Buat Buka Puasa, Sajian Sederhana tapi Sangat Istimewa
Kuah Kolak Buat Buka Puasa, Sajian Sederhana Tapi Sangat Istimewa (dokumen pribadi)

Kuah Kolak Buat Buka Puasa,  Sajian Sederhana Tapi Sangat Istimewa - Di bulan  Ramadan seperti sekarang ini, kreatifitas ibu-ibu atau tukang masak di rumah sangat dipertaruhkan. Karena menu masakan itu mempengaruhi motivasi dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Terutama yang punya anak kecil. Harus pinter-pinter menyiasati dengan menyajikan menu yang disukai seluruh keluarga.

Di luar makanan  pokok, biasanya menu buka puasa itu terdiri dari beraneka ragam. Ada takjil, camilan (baca : gorengan), buah-buahan dan aneka minuman seperti es blewah, es timun suri, kolak sampai bubur-buburan.  Semua dibuat atau dipersiapkan sesuai keinginan masing-masing anggota keluarga.

Kalau anggota keluarganya sedikit sih nggak masalah. Simpel banget. Gimana kalau dari keluarga besar dengan anggota lebih dari 5 orang, sudah dewasa semua. Mikir banget dong, kalau masing-masing punya selera beda.

Seperti juga di keluarga saya, dengan 3 anak plus  saya dan suami. Menu buka biasanya tidak ada yang istimewa sih. Karena kadang kalau yang masak lagi banyak kerjaan (saya maksudnya), ujung-ujungnya pesan lewat online. Cuman nggak setiap hari juga sih. Tapi menu pembuka atau untuk membatalkan puasa itu yang harus sering berubah.

Memang sih es blewah, es buah atau es timun suri tetap menjadi favorit. Tapi kan nggak setiap hari. Itupun kadang anak-anak masih minta takjil yang sedikit berat di perut karena mereka baru akan makan besar setelah tarawih. Harus makan pembuka dengan sedikit berat tapi ringan.

Kalau kebiasaan saya adalah menyediakan kuah kolak agak banyak. Lalu saya bungkusi plastik setengah kiloan. Saya simpan di freezer supaya awet sampai satu minggu. Tapi biasanya baru beberapa hari sudah habis. Terus nanti bikin lagi untuk stok yang bisa dikonsumsi setiap dibutuhkan.

Kok cuman kuah kolak?

Nggak dong! Kuah kolak itu nanti isiannya bisa bermacam-macam sesuai permintaan. Karena anggota keluarga biasanya punya selera beda-beda. Tinggal ditambahi pisang, ubi, pohong, labu kuning atau kolang kaling. Yang semuanya itu direbus dulu dengan air gula. Baru nanti mendekati maghrib di campur dengan air kolak yang disimpan di freezer itu.

Ada beberapa pilihan variasi lainnya untuk isian kuah kolak tersebut. Bisa di campur dengan ketan putih, kacang hijau yang dibuat bubur atau roti tawar yang dipotong kecil-kecil.

BAHAN & CARA MEMBUAT KUAH KOLAK

Sebenarnya membuat kuah kolak sangat gampang seperti membuat kolak biasa. Karena tidak ada isian dan selanjutnya disimpan di freezer. Dengan penyimpanan jangka waktu yang agak lama, diusahakan waktu memasak sampai mendidih diberi jangka waktu yang agak lama. Kalau Bahasa Jawa biar tanek atau matang dengan sempurna. Kalau kurang tanek, bisa cepat bau atau basi.

Kuah kolak diplastikin terus disimpan di freezer biar awet (dokumen pribadi)
Kuah kolak diplastikin terus disimpan di freezer biar awet (dokumen pribadi)
Bahan :
  • Air 1 liter
  • Santan instan (saya menggunakan fiber crme) 3 bungkus atau sesuai selera
  • Daun pandan 1 lembar
  • Gula merah yang sudah di sisir halus 5 sendok makan (saya lebih suka rasa manis dari gula merah)
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Garam sedikit saja (sesuai selera)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x