Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Seorang yang punya hobi menulis

"ordinary woman, but want to be an extraordinary mom"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Teknik Menulis "Tell Story With Data" dari Kang Pepih Nugraha

9 September 2019   08:57 Diperbarui: 9 September 2019   09:15 0 24 11 Mohon Tunggu...
Teknik Menulis "Tell Story With Data" dari Kang Pepih Nugraha
Teknik Menulis Tell Story With Data dari Kang Pepih Nugraha ( foto Danone Indonesia)

Sudah lebih dari 5 tahun saya menekuni dunia perbloggeran terutama sebagai penulis di Kompasiana atau disebut juga Kompasianer. Sebenarnya hobi menulis sudah sejak kecil. 

Dulu sering mengirim tulisan ke majalah Bobo dan Kawanku. Bahkan saya sempat menjadi jurnalis selama 7 tahun (saja). Jadi saya menulis secara otodidak, mengalir begitu saja.

Ketika saya membuat satu komunitas blogger di Surabaya, saya sering meracuni beberapa teman untuk ikut gabung. Tujuan saya adalah memperkenalkan dunia blogger yang ternyata sangat asik dan cukup menjanjikan. 

Selain itu, saya juga ingin supaya dunia blogger di Surabaya atau Jawa Timur jadi makin semarak. Tapi kebanyakan mereka selalu memberikan jawaban yang klise yaitu "saya nggak bisa menulis".

Kadang jawaban itu cukup menggemaskan. Mengapa hampir semua yang saya tawari bergabung menjadi blogger, jawabannya pasti seperti itu? Seringnya saya abaikan, karena saya juga tidak bisa memberikan solusi. Tapi saya memang menyadari bahwa menulis itu membutuhkan mood yang tinggi dan harus konsisten. 

Dan itu tergantung dari niat masing-masing. Nggak bisa dipaksakan. Sampai akhirnya saya baru tahu jawaban yang tepat dari pernyataan-pernyataan klise seperti itu.

Mau tahu jawabannya?

TEKNIK MENULIS "TELL STORY WITH DATA" DARI KANG  PEPIH NUGRAHA

Jadi ingat ungkapan "katakan dengan bunga". Tapi kali ini yang berlaku adalah "katakana dengan data". Dan kedua kalimat tersebut menekankan satu poin penting yang tidak bisa dicuekin begitu saja.

Ketika mengikuti acara Danone Blogger Academy 2019 beberapa waktu yang lalu di Bali, para peserta mendapat pelajaran tentang Teknik Dasar Menulis Untuk Blogger yang materinya dibawakan oleh Pepih Nugraha, seorang mantan wartawan senior Kompas sekaligus CEO Kompasiana. Saya merasa sangat beruntung. 

Sudah lama kenal beliau, bahkan beberapa kali juga sempat bertemu. Tapi malah belum pernah mendapat kesempatan untuk mencuri ilmu dari kang Pepih, demikian panggilan akrabnya.

Membuka materi yang mengambil tema Tell The Story With Data, kang Pepih menyampaikan bahwa sekarang yang memegang kunci dari satu keberhasilan yang ada di dunia ini adalah yang punya data. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x