Mohon tunggu...
Didi Widyo
Didi Widyo Mohon Tunggu... Administrasi - ASN Pendidik

Pendidik, Birokrat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Anda Ingin Sukses? Ini Cara Menyikapi Haters

14 Juli 2021   04:23 Diperbarui: 14 Juli 2021   04:38 207 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anda Ingin Sukses? Ini Cara Menyikapi Haters
Sumber: TokopediaBooks

Haters


Bagi yang sempat mengalamai era atau mendengarkan ceramah Da'i sejuta umat, almarhum KH. Zainudin MZ, hampir pasti pernah mendengar ungkapan beliau tentang kebencian, yang mengena dan sekaligus lucu, ditambah dialek Betawi yang khas. Beliau di dalam ceramahnya sering mengungkapkan kalimat, "susah melihat orang lain senang", atau "tetangga beli motor meriang", "tetangga beli kulkas bengek", dan banyak lagi. Apa yang beliau ungkapkan itu saat ini dikenal dengan istilah Haters, para pembenci.

Sukses dan Para Pembenci

Setelah Anda mencapai tingkat keberhasilan tertentu, hampir pasti akan ada Haters yang masuk ke dalam kehidupan Anda. Hampir semua orang merasakannya. Haters pada dasarnya adalah seseorang atau orang-orang yang tidak percaya pada pencapaian, nilai-nilai dan atau mungkin, iri dengan keberhasilan Anda.

Apa yang diungkapkan oleh Sang Da'i kondang di atas, hampir pasti terkait urusan orang yang saling mengenal. Namun di era sekarang, bahkan Haters juga orang-orang yang tidak mengenal Anda. Memiliki pembenci hampir tak terelakkan, terutama saat Anda mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pilihannya adalah tidak sibuk meng"counter" mereka, tetapi Anda dapat memanfaatkannya justru untuk memacu keberhasilan Anda.

Apa saja yang harus Anda pahami dan dapat Anda lakukan?

1. Anda telah melakukan yang benar dan mencapai keberhasilan tertentu

Munculnya haters merupakan indikasi bahwa Anda telah mencapai tingkat keberhasilan tertentu. Jika Anda belum mencapai apa pun, maka, hampir pasti, tidak ada yang akan memberikan perhatian atau memberi Anda kritik.

Ketika ada orang yang membenci Anda dan apa yang Anda lakukan, maka itu adalah tanda bahwa Anda sedang berada di jalan menuju kesuksesan. Gunakan tanda ini sebagai validasi bahwa Anda telah melakukan hal-hal yang benar.

2. Gunakan kritik mereka sebagai cara untuk mengevaluasi diri sendiri

Meskipun banyak kritik bermula pada iri, ada kalanya kritik tertentu sangat beralasan. Anda tidak harus memasukkannya ke dalam hati, tetapi Anda harus mendengarkan apa yang orang lain katakan. Pada saat-saat tertentu, itu dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN