Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Sosok Fikri Faizah, Anak Muda Milenial Sukses di Industri Digital, Teknologi, dan Bisnis

8 April 2020   05:18 Diperbarui: 10 Mei 2020   07:10 200 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosok Fikri Faizah, Anak Muda Milenial Sukses di Industri Digital, Teknologi, dan Bisnis
Sumber: Fikri Faizah (@sipiqi)

Kompasiana.com - Industri digital dan industri teknologi di Indonesia semakin hari semakin berkembang sangat pesat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Fikri harus bisa mengikuti alur perkembangan agar tidak ketinggalan zaman. 

Fikri melihat semakin banyak lahirnya generasi pemuda-pemudi milenial kreatif dan hebat pada saat ini. Tidak sedikit dari mereka telah membuat perubahan ke arah yang lebih maju. Inilah salah satu hal yang mendorong Fikri untuk sukses.

Data menyebutkan, pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia meningkat sangat signifikan dan mencapai 40% setiap tahunnya. Diprediksi hingga tahun 2025 pertumbuhannya berpotensi mencapai USD 130 miliar atau setara dengan Rp. 1.820 triliun (Kurs Rp. 14.000).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai USD 40 miliar atau setara Rp. 560 triliun pada tahun 2019. Tentunya, ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa untuk Indonesia dalam sektor ekonomi digital, dan teknologi, termasuk di dalamnya kontribusi dari industri digital dan e-commerce.

Fikri Faizah adalah salah satu contoh pemuda milenial yang sukses memanfaatkan peluang bisnis industri digital, dan teknologi yang sangat besar potensinya. Pria kelahiran Jakarta tahun 1998 ini sudah menjalankan bisnis sosial media marketing, internet marketing, berjualan tiket rekreasi, online travel, dan lain-lain sejak tahun 2014, saat masih menginjak bangku Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK).

Sebelumnya, Fikri pernah menjadi seorang selebtweet dan tergabung pada komunitas Indonesian Seleb Tweet (IST) pada periode 2010-2017 dengan menggunakan akun Twitter @sipiqi dimana sampai saat ini berjumlah kurang lebih 200.000 pengikut (Followers). 

Dari Twitter, Fikri telah mendapatkan banyak pemasukan dan tentu saja banyak teman dan relasi yang terbangun. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Twitter mulai kurang diminati oleh pemasang iklan (Advertiser), Fikri memutuskan untuk beralih membuat dan bermain Instagram. 

Alhasil, sampai saat ini Fikri sudah memiliki akun Instagram yang bernama @sipiqi dan memiliki  kurang lebih 200.000 pengikut (Followers).

Pengalaman kerja yang telah dimiliki Fikri juga bisa dikatakan sangat banyak dan keren. Dirinya memulai karir pekerjaannya pada tahun 2016. Saat tahun 2016 sampai dengan tahun 2018, Fikri bekerja disalah satu perusahaan Technology Agency yang fokus bergerak pada pembuatan dan pengembangan aplikasi Augmented Reality (AR) yang berbasis Android dan Website, sebagai Content and Social Media Director. 

Lalu pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2019, dirinya bekerja di salah satu lembaga pemerintahan Republik Indonesia, sebagai Team Leader Social Media and Internet Marketing Manager. Dan sejak 2015 sampai dengan tahun 2019, Fikri adalah seorang pemain Blogger dan Google AdSense.

Besarnya potensi peluang industri digital dan teknologi yang dilihat dan telah dirasakan oleh Fikri, mendorong dirinya untuk membangun bisnis digitalnya di usia yang terbilang masih cukup muda, yakni 21 tahun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x