Mohon tunggu...
Mayamina Kamila
Mayamina Kamila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM 21107030014

It's only me

Selanjutnya

Tutup

NFT

Bigverse City present Yogyakarta NFT Exhibition, Pameran NFT Pentas.io Pertama di Indonesia

15 Juni 2022   11:48 Diperbarui: 15 Juni 2022   12:08 123 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Instagram/@bigversecity

Halo sobat Kompasiana! 

Hari demi hari kita akan semakin sering mendengar kata-kata asing di telinga kita karena semakin berkembangnya teknologi yang menciptakan hal baru. Belakangan ini tentunya kita tidak asing dengan istilah NFT, kripto, bitcoin dan lain sebagainya, hal itu dikarenakan pada masa ini telah banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan terjun dalam dunia investasi.

NFT atau Non-Fungible Token merupakan salah satu aset investasi turunan dari kripto, NFT sendiri adalah aset yang dimiliki oleh diri sendiri. NFT ini merupakan barang berharga ataupun barang unik yang memiliki nilai tukar yang tidak bisa diganti, umumnya NFT ini menggunakan teknologi blockchain dalam merekam proses transaksi.

Bentuk NFT sendiri salah satunya berupa karya seni seperti foto, video, puisi dan lain sebagainya. Berbeda dengan turunan kripto lainnya, NFT ini hanya bisa 1 kali produksi dan tidak bisa di jual belikan kepada NFT lain karena setiap NFT memiliki nilai yang berbeda, selain itu NFT juga tidak bisa menjadi dominasi yang lebih kecil.

Salah satu berita tentang NFT yang menggemparkan Indonesia adalah NFT milik Ghazali Everyday yang berupa foto selfie dirinya sendiri, dari hasil penjualan foto selfie dirinya Ghazali dapat menghasilkan jutaan hingga milyaran rupiah.

Pentas.io adalah salah satu NFT marketplace yang didirikan oleh sekelompok orang yang ingin mengadvokasi serta mendidik massa tentang teknologi blockchain. Pentas.io hadir dengan platform marketplace sebagai enabler bagi semua pencipta dan seniman untuk mengekspresikan bakat mereka, untuk menyebarkan pemikiran dan pesan batin melalui kerajinan.

Pentas.io memberikan fitur untuk menjual, membeli, menawar, mengumpulkan, dan memperdagangkan karya NFT.

Bagi orang yang ingin melakukan jual beli karya NFT lewat pentas.io dapat menginstall metamask wallet terlebih dahulu untuk kemudian menyetting address ke BNB (Binance coin), tak lupa kita juga harus top up BNB yang kita miliki. Setelah itu kita harus menghubungkan wallet kita dengan pentas.io dan dilanjutkan mengedit profil akun pentas.io kita. Untuk dapat menjual karya NFT dapat memilih opsi 'create NFT', sedangkan untuk membeli NFT setelah menghubungkan wallet dengan pentas.io kita harus masuk ke menu marketplace, pilih NFT yang  diinginkan kemudian pilih opsi 'Buy NFT'.

Baru baru ini terdapat pameran NFT pentas.io yang bertajuk Bigverse City : Yogyakarta NFT Exhibition

Bigverse city: Yogyakarta NFT Exhibition ini merupakan pameran pentas.io pertama di Indonesia, pameran ini melakukan kolaborasi unik dengan 58 kreator dari pentas.io. kata 'bigverse city' berasal dari kata 'big, verse' yang artinya besar atau dalam bahasa Jawa memiliki arti gede dan kata 'city' berarti kota. Jika digabungkan 'bigverse city' artinya Kotagede, kita bigverse city ini mewakili komunitas NFT yang menyelenggarakan pameran yaitu komunitas NFT kabupaten Kotagede, Yogyakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan