Mohon tunggu...
Maximus Malaof
Maximus Malaof Mohon Tunggu... Terus Bertumbuh dan Berbuah Bagi Banyak Orang

Tuhan Turut Bekerja Dalam Segala Sesuatunya

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Luis Suares: Pemain Fantastis Berharga Miris

26 September 2020   08:59 Diperbarui: 26 September 2020   09:03 67 8 0 Mohon Tunggu...

Berlabuh ke Atletico Madrid

Setelah drama Messi berakhir di Barcelona, drama pemain penting lain yang juga mencapai endingnya di Camp Nou adalah Luis Suares. Pemain tim nasional asal Uruguay itu akhirnya mencapai kesepakatan bersama klub yang telah dibelanya selama enam tahun itu untuk mengakhiri kerja sama di antara mereka. 

Klub yang dipilih oleh pemain berusia 32 tahun itu untuk memperagakan kebolehan olah bolanya pada waktu-waktu mendatang adalah Atletico Madrid. Sebuah klub yang masih berada dalam satu kompetisi domestik (Liga Spanyol) bersama Barcelona. Maka, tidak tertutup kemungkinan bahwa akan terdapat beberapa kesempatan yang dapat mempertemukan sang pemain dengan bekas klubnya itu. 

Raihan Seorang Suares Bersama Barcelona

Fakta menunjukkan bahwa kehadiran seorang Luis Suares di Camp Nou dengan karakter permainannya yang penuh atraksi, bertenaga, dan mematikan itu, telah membentuk dan menghadirkan suatu trisula maut bernama Trio MSN (Messi, Suares, Neymar), yang sangat ditakuti di seantero Eropa, dalam rentang waktu antara 2014-2017. Trio ini dikatakan dapat menghasilkan 100 gol dalam satu musim, sebagaimana dilaporkan oleh SportFEAT. COM.

Pencapaian individual pemain berjuluk El Pistolerro itu pun tak kalah fantastis. Selama enam tahun membela Blaugrana, eks pemain Liverpool itu telah menghasilkan 195 gol dan 113 assist dalam 283 laga. Pencapaian ini menempatkan Suares sebagai top skorer ketiga sepanjang masa Barcelona. Luar biasa bukan?

Tidak sedikit juga gelar dan tropi yang telah di hadirkan dalam lemari perbendaharaan klub oleh pria yang kerap menghadirkan aksi kontroversi di tengah lapangan hijau itu.  Sejak didatangkan dari Liverpool pada tahun 2014, ia telah menyumbangkan empat gelar Liga Spanyol, empat Copa Del Rey, 2 Piala Super Spanyol, 1 Liga Champion, 1 Piala Dunia Antar Club, dan 1 Piala Super Eropa. 

Bersama Liverpoolpun, Suares meninggalkan catatan penampilan yang tak kalah mentereng. Selama tiga tahun di anfield, ia menyumbang 82 gol dalam 125 penampilan, dan nyaris meraih tropi Liga Inggris tahun 2013/2014. 

Apa yang telah dilakukan, dicapai, dan diraih oleh Luis Suares bersama FC Barcelona maupun bersama klub lain sebelumnya seperti Ajax dan Liverpool, sangat patut untuk diacungi jempol dan rasanya tidak berlebihan kalau kemudian ditempatkan sebagai salah satu yang terbaik di Barcelona itu sendiri dan di muka bumi ini.

Fantastis Tapi Murah

Luis Suares didatangkan FC Barcelona dari FC Liverpool dengan banderol harga yang sangat mahal yakni 81 juta Pound. Harga selangit itu kemudian dibayar tuntas dengan penampilan impresif di lapangan dan sampai saat ini, penampilan impresif itu belum tergerus atau termakan oleh usia. Seorang Messi sekalipun, masih mengakui kehebatan mantan rekannya itu. Tapi sayang, sang pelatih (Ronald Koeman), tidak memasukan Luis dalam strategi permainannya. Maka, mau atau tidak mau, Suares harus angkat kaki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN