Fazle MawlaqiaAdenan
Fazle MawlaqiaAdenan Mohon Tunggu... Atlet - Siswa SMP Labschool Jakarta.

"With great power, comes great responsibility".

Liburanku ke Pulau Dewata

24 Juli 2019   19:52 Diperbarui: 1 Agustus 2019   13:33 17

Liburan adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu semua orang. Untuk siswa-siswi, waktu yang tepat untuk liburan adalah libur akhir semester dan libur kenaikan kelas. Biasanya, siswa-siswi pergi liburan ke luar negeri, misalnya ke Singapura, Malaysia, Jepang, bahkan ada yang ke Amerika Serikat. Untuk liburan tahun ini, saya memutuskan untuk travelling di dalam negeri saja. Saya sudah lama tidak ke Bali, jadi saya, orang tua saya dan teman-teman saya ikut pergi ke Pulau Dewata tersebut.

Hari Pertama: Saya, dengan ayah dan bunda pergi ke bandara Halim Perdana Kusuma untuk menaiki pesawat dengan tujuan ke bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Setelah sampai di sana, kita langsung mencari makan. Untuk makan siang, kita makan di restoran Laota yang menyediakan berbagai macam makanan, seperti bubur, seafood, dan lain-lain. Setelah makan, kita langsung pergi ke Ubud. Sesampainya di sana, kita langsung check-in hotel, dan pergi berenang di kolam berenang hotel. Malamnya, kami mulai explore pusat kota. Kami menemukan banyak toko baju, restoran, cafe, dan orang-orang yang menjual tiket untuk menonton pertunjukan Tari Legong. Untuk makan malam, kita pergi ke restoran khas Bali, yaitu Bebek Tepi Sawah. Setelah makan, kita kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari Kedua: Paginya, setelah sarapan di hotel, kami pergi ke salah satu daerah yang terkenal di Ubud, yaitu Tegalalang. Daerah ini terkenal karena banyaknya kebun kopi yang menghasilkan salah satu kopi terenak di dunia, yaitu kopi Luwak. Daerah ini juga memiliki pemandangan sawah yang sangat indah. Kami mengunjungi salah satu tempat wisata di Tegalalang yang bernama Terrace River Pool Swing. Tempat ini mempunyai wahana Swing, yang menyerupai ayunan tapi berbentuk raksasa. Tempat ini juga membuat kopi Luwak yang sangat enak. Dari sana, kami mengunjungi Pura Tirta Empul. Pura ini ada tempat pemandiannya, dan ada sumber mata air di salah satu kolam yang terletak di belakang Pura. Dari Pura tersebut kami pergi ke kampung Penglipuran yang lagi viral di media sosial. Kami sedikit kecewa saat sampai sana, karena tidak ada apa-apa selain pemandangan rumah-rumah yang cukup bagus untuk difoto. Setelah itu, kami kembali ke hotel untuk makan malam dan istirahat.

Hari Ketiga: Kami bersiap-siap untuk check-out dari hotel, karena kami berencana untuk pindah menginap ke Seminyak. Dari hotel, kami langsung menempuh perjalanan jauh ke Garuda Wisnu Kencana, atau disingkat menjadi GWK. Disana, ada patung garuda yang sangat tinggi sampai bisa dilihat dari bandara. Kami juga bermain segway, skuter, dan lain-lain. Untuk makan siang, kami makan di RM. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Dari sana, kami langsung pergi ke Canggu, daerah yang sering dikunjungi turis mancanegara. Kami ke Deus Ex Machina Cafe, dimana kami melihat banyak sepeda motor dan papan selancar custom, membeli berbagai macam baju dan sekalian makan untuk mengganjal perut, karena perjalanan masih jauh. Sesampainya di Seminyak, kami check-in di hotel dan mengajak makan malam teman-teman saya, sekalian explore pusat kota. Setelah makan, kami pulang ke hotel dan beristirahat.

Hari Keempat: Kami memutuskan untuk bersantai-santai saja untuk hari keempat. Saya dan teman-teman saya berencana untuk bermain di Waterbom Bali, di dekat pantai Kuta. Saat kami datang pada jam 9 pagi, sudah banyak turis yang ikut mengantri untuk membeli tiket masuk. Untungnya, kami dapat antrian depan jadi dapat tiketnya lebih cepat. Setelah dapat tiket, kami langsung masuk untuk mengambil handuk dan langsung mencoba wahana-wahananya. Wahananya cukup seru, tapi yang paling ekstrim adalah wahana-wahana yang terletak di tower paling tinggi di taman bermain tersebut. Wahana paling seru menurut saya adalah Smashdown 2.0 dan Fast n' Fierce. Wahana tersebut memiliki tingkat kecepatan yang sangat tinggi, dan juga memacu adrenalin. Tapi, saat bermain di sana saya mendapat luka karena kuku kaki saya patah. Untungnya dokter-dokter disana sangat baik dan menyembuhkan lukanya dengan cepat. Setelah main disana, kami makan siang di Warung Nasi Pecel Bu Tinuk di Kuta. Setelah makan, kami mencoba kopi di Starbucks Reserve Dewata Bali, toko Starbucks terbesar di Asia Tenggara. Dari sana, kami pergi ke Pura Luhur Uluwatu untuk menonton pertunjukan Tari Kecak dengan pemandangan matahari terbenam. Malamnya, kami makan di Bubba Gump Shrimp Co. di Seminyak. Setelah itu, kami beristirahat di hotel dan mempersiapkan barang-barang karena esoknya sudah pulang ke Jakarta.

Hari Kelima: Sebelum check-out dari hotel, kami sarapan dulu di Lovster Seafood di dekat hotel. Siangnya, sebelum ke bandara, kami mencoba salah satu gerai es krim yang populer di Bali, yaitu Gusto Gelato. Rasa es krimnya pun bermacam-macam, dari coklat, vanila, madu, Oreo, kacang pistachio, dan lain-lain. Dari sana, kami langsung ke bandara untuk menaiki pesawat yang akan membawa kami ke Jakarta. Sesampainya di bandara Halim Perdana Kusuma, saya dan teman-teman bersalam-salaman, dan akhirnya pulang ke rumah masing-masing.

Itulah perjalanan saya di Bali saat liburan kemarin. Ya, memang saya tidak mengunjungi pantai manapun, karena saya sudah sering ke Bali dan bermain di pantai saja, tidak ke daerah pesawahan, pegunungan, dan lain-lain. Saya ingin mencoba hal yang bisa dibilang anti-mainstream tahun ini saat pergi ke pulau Dewata tersebut. Saya harap pembaca terhibur saat membaca tulisan ini, mendapat banyak informasi baru, dan termotivasi untuk mengikuti jejak perjalanan saya. Sekian, terima kasih.